SELASA , 12 DESEMBER 2017

Bulog Akui Kualitas Beras Sulsel Terbaik di Indonesia

Reporter:

Rusman

Editor:

asharabdullah

Kamis , 30 November 2017 12:37
Bulog Akui Kualitas Beras Sulsel Terbaik di Indonesia

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sulsel sebagai salah satu daerah produsen beras di Indonesia ternyata memiliki kualitas yang terbaik pula sehingga permintaan dari daerah lain terus meningkat. Badan Usaha Logistik (Bulog) pun mengakui kualitas beras Sulsel terbaik di Indonesia.

Kepala Bulog Divisi Regional Sulsel, Dindin Syamsuddin di Makassar, Selasa (28/11), mengatakan, kualitas beras Sulsel termasuk terbaik di Indonesia karena penanganan pasca panennya yang dilakukan dengan cara yang baik.

“Proses pasca panen juga itu menentukan kualitas beras,” ujarnya saat operasi stabilitas harga pangan di Pasar Pa’baeng-baeng Makassar, Selasa (28/11) kemarin.

Dindin mengakui, sehubungan dengan kualitas beras Sulsel yang tidak tersaingi, maka Provinsi Lampung pernah mengajukan permintaan hingga ratusan ribu ton.

Kualitas beras banyak ditentukan dari proses penangannya mulai dari masa tanam hingga pasca panen padi. Di Sulsel ini penanaman padi dilakukan dengan cara yang baik secara bersama-sama pada lahan terbuka dan luas.

Ditambah lagi pasca panen dengan pemotongan menggunakan alat teknologi yang dianjurkan oleh bulog demi menjaga kualitas dan peningkatan produksi.

“Tidak ada yang kalah kualitas beras Sulsel di Indonesia. Provinsi Lampung saja pernah minta ke Sulsel dengan jumlah besar, padahal ada daerah penghasil beras yang lebih dekat di sana,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Pertanian Sulsel, Muhsin Mori, membenarkan, produksi beras Sulsel memang berkualitas tinggi makanya banyak daerah di Indonesia yang berminat.

Kualitas beras juga ditentukan faktor cuaca dan tekstur tanah. “Kondisi cuaca dan tekstur tanah di Sulsel ini memang sangat mendukung dalam perbaikan kualitas beras,” ujar mantan Kabag Ekonomi Sulsel ini. (*)


div>