RABU , 13 DESEMBER 2017

Bulog Optimistis Capai Target Pengadaan Beras

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 11 Oktober 2017 11:55
Bulog Optimistis Capai Target Pengadaan Beras

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) optimistis hingga akhir tahun 2017 mampu memenuhi target pengadaan beras.

Kepala Divisi Regional (Kadivre) Perum Bulog Sulselbar, Dindin Syamsuddin, mengatakan, pengadaan beras Oktober ini sangat baik. Optimistis bisa capai angka targetnya, 418.525 ton.

“Pengadaan beras saat ini cukup baik. Di bulan Oktober sudah mencapai 340 ribu ton,” ujar Dindin, Selasa (10/10) kemarin.

Dindin menjelaskan, penyerapan tahun ini berjalan sangat baik, meski masih terkendala pada Harga Patokan Pemerintah (HPP). Sejauh ini HPP menggunakan ketentuan dari Inpres 2015, Rp3.750 untuk Gabah Kering Panen (GKP).

“HPP masih sama seperti 2015. Kami mengalami sedikit kesulitan karena tidak bisa membeli gabah petani melebihi HPP untuk PSO (Public Service Obligation) atau beras kualitas medium, tapi kami masih bisa serap di atas HPP untuk beras komersial yang kami jual dalam bentuk beras premium,” ungkapnya.

Dindin menilai, ketentuan HPP masih disesuaikan dengan inflasi. “Kalau infasi naik, maka kemiskinan bertambah. Jadi HPP ini masih menjadi kendala juga bagi kami dalam melakukan penyerapan gabah petani,” imbuhnya.

Secara keseluruhan, pihaknya menargetkan penyerapan beras tahun ini di wilayahnya mencapai 418 ribu ton. Untuk itu, Bulog Sulselbar menyiapkan anggaran hingga Rp4 triliun.


div>