MINGGU , 17 DESEMBER 2017

Bupati Gowa Ajak Warga Jaga Bawakaraeng

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 26 September 2017 20:15
Bupati Gowa Ajak Warga Jaga Bawakaraeng

Adnan Purichta Ichsan

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengajak warga untuk menjaga kelestarian hutan dengan cara ikut mengawasi penebangan pohon di kawasan gunung Bawakaraeng.

Hal itu ia lontarkan saat memberikan sambutan pada apel penanaman 23 ribu pohon dalam rangka HUT Brimob Polri ke 72 Tahun 2017 di Gunung Bawakaraeng, di Desa Lembanna, Kecamatan Tinggi Mocong, Kabupaten Gowa.

Adnan juga menyampaikan apresiasi atas inisiatif penanaman 23 ribu pohon tersebut. Ia memastikan manfaat akan kegiatan ini akan dirasakan kedepan.

“Pohon akan menghasilkan oksigen, menghasilkan air untuk kehidupan kita semua. Pesan saya, mari kita jaga pohon ini. Supaya bisa kita pastikan air tersedia hingga masa-masa yang akan datang,” kata bupati termuda di Indonesia Timur ini.

Air di Dam Bili-bili, menurutnya, sumbernya dari Bawakaraeng yang menyuplai air ke Kota Makassar. Ketersediaan air itu, kata dia, yang mesti dijaga. “Belum lagi tiga dam lain yang menyuplai air ke Maros, Takalar dan Jeneponto,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono, mengatakan bumi menghadapi ancaman global, rusaknya alam dan dampaknya bgitu luas sehingga dibutuhkan komitmen seperti penanaman dan pemeliharaan pohon.

“Dilandasi pengabdian, Sat Brimob Polri bersama TNI dan Pemkab melakukan penanaman pohon sebagai bentuk sinergitas,” katanya.

Jenis pohon yang ditanam sendiri, diantaranya jabon merah, mahoni, nyoto, trambesi dan jenis lainnya. Pohon-pohon itu akan ditanam sepanjang lereng Gunung Bawakaraeng.

“Kita berharap bisa mengurasi polusi, serta bisa mengakibatkan keseimbangan alam. Ayo pelihara bumi dari kerusakan untuk anak cucu kita kelak. Saya secara pribadi memberi apresiasi yang setinggi-tinnginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam kelancaran acara ini,” pungkasnya. (*)


div>