SABTU , 21 APRIL 2018

Bupati Gowa Minta BPBD Segera Bentuk Posko Bencana

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 18 Desember 2017 12:09
Bupati Gowa Minta BPBD Segera Bentuk Posko Bencana

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. ist

GOWA, RAKYATSULSEL.COM – Untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang ekstrim, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memerintahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gowa untuk membentuk posko Bencana dengan bekerjasama dengan instansi terkait.

“Saya perintahkan kepada BPBD untuk membentuk posko bencana secepat mungkin untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya, Senin (18/12).

Lanjut Adnan, sebelumnya, Minggu (17/12) kemarin, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malagani Kr Kio, melakukan pemantuan langsung di Kecamatan Somba Opu dan melihat sejumlah genangan air yang menimpa perumahan warga.

Kondisi ini menurut Bupati termuda di Indonesia Timur ini, perlunya peningkatan kewaspadaan oleh masyarakat, sehingga tak menimbulkan korban jiwa dan harta.

Sementara itu, Sekertaris BPBD Gowa, M. Arfah, mengatakan, pihaknya akan segara menindak lanjuti apa yang menajadi keinginan pimpinan dengan membentuk posko bencana dengan bekerjasama dengan instansi terkait. Kalau sebelumnya, BPBD bekerjasama dengan Kodim 1409 Gowa, maka kerjasama ini akan terus dilanjutkan.

“Sesuai perintah pak Bupati, secepatnya (hari ini, red) akan kami bentuk Posko Bencana,” tuturnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa titik lokasi yang menjadi perhatian pihak BPBD seperti, di Kecamatan Somba Opu, Bajeng, Bajeng Barat, Pallangga, Barombong, Bontonompo dan Bontonompo Selatan. “Ini daerah yang rawan angin kencang,” katanya.

Titik lainnya, lanjut Arfah, untuk tanah longsor meliputi, Biringbulu, Tombolopao, Tinggimoncong, Parangloe, Manuju, Botolempangan, Bungaya dan Parigi.

“Untuk daerah yang rawan banjir, masing-masing Pallangga, Sombaopu, Pattalassang, Bontomarannu dan Bontonompo Selatan.,” jelasnya. (*)


div>