Bupati Gowa Sudah Suka “Pidato” Sejak Bayi

Foto Adnan Purichta Ichsan saat masih bayi

GORONTALO, RAKYATSULSEL.COM – Cerita orang terkait masa kecil kita selalu menjadi hal yang menarik untuk didengarkan. Apalagi, manusia pada umumnya kurang mengingat masa perkembangannya saat bayi.

Memori saat bayi kadang sudah tidak teringat lagi, saat kita sudah dewasa. Cerita orang tua, kakak, kakek, nenek hingga pengasuh atas tingkah laku kita waktu masih bayi pun jadi menarik untuk didengarkan karena hilangnya memori itu. Meskipun kadang ada orang yang tetap mengingat memori-memori sekecil apapun kala masih bayi.

Hal inilah yang dirasakan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat berkunjung ke Gorontalo, Sabtu (19/8/2017). Menghadiri pesta pernikahan keluarganya, bupati termuda di Indonesia Timur ini juga bertemu dengan nenek sekaliguh sosok yang mengasuhnya waktu bayi, Oma Doly, yang merupaka tante dari ibunya, Novita Madonza Amu Ichsan.

Setelah 30 tahun, mereka kembali bertemu di suasana dan masa yang sudah sangat berbeda. Anak yang diasuh bahkan sudah jadi orang nomor satu di Kabupaten Gowa. Banyak hal yang diceritakan Oma Doly ke mantan anggota DPRD Sulsel dua periode ini. Semuanya soal tingkah lakunya di usia 1-3 tahun.

Salah satu fakta yang diungkapkan Oma Doly, Adnan ternyata sejak kecil memang sudah suka “berpidato”. Sambil naik ke meja atau kursi, suami dari Priska Paramita ini, kata Oma Doly, sangat suka bicara sendiri. “Seperti berpidato. Bicara sendiri di atas kursi atau meja di depan kaca,” ceritanya.

Tak hanya itu, gerakan tubuhnya bicara sendiri di depan kaca, kata Oma Doly, benar-benar menunjukkan orang yang berpidato, karena gerakan tangannya yang mengikuti ucapan yang keluar dari mulutnya. “Jadi sambil berkaca, ia bicara sendiri diikuti gerakan tangan yang seperti menunjuk-nunjuk,” ungkapnya. [NEXT-RASUL]

Adnan lanjut Oma Doly, juga tipekal anak yang suka ngotot waktu bayi. “Kalau ada yang ia inginkan, itu pasti ngotot. Tapi anaknya juga sangat persuasif,” ucapnya.

Mendengar cerita itu, Adnan yang ke Gorontalo bersama istrinya, Priska Paramita Adnan dan ibunya, Novita Madonza Amu Ichsan, langsung tertawa. Pertemuan itu pun berlangsung dalam suasana penuh ke akraban.

Mengetahui anak yang ia asuh sudah jadi bupati, Oma Doly mengaku sangat bangga. Ia juga berpesan ke Adnan agar tetap tawaddu dalam menjaga amanah yang ia pegang saat ini.

Sementara, Adnan sendiri mengaku sangat bahagia bisa bertemu dengan Omanya. “Saya ketemu beliau ini setelah kurang lebih 30 tahun. Banyak sekali yang beliau cerita. Yah, seputar kenakan masa kecil lah,” katanya sambil tertawa. (*)