RABU , 23 MEI 2018

Bupati Lutim Harapkan Program KUBE Jangkau Desa

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 16 Mei 2017 19:42
Bupati Lutim Harapkan Program KUBE Jangkau Desa

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, saat membuka pelatihan, Selasa (16/5). Foto : ist

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 22 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) telah menerima bantuan senilai Rp 24 juta bagi setiap kelompok yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten Luwu Timur. Program Kube ini merupakan program pengentasan kemiskinan berbasis masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Timur.

terkait hal tersebut, Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, saat membuka pelatihan keterampilan tersebut mengatakan, untuk tahap pertama di fokuskan pada 11 kelompok disetiap kecamatan. Namun tidak menutup kemungkinan, jika anggaran mencukupi, akan diupayakan kelompok usaha bersama ini bisa dibentuk di setiap desa.

“Kedepan kita upayakan agar kelompok usaha bersama ini juga ada disetiap desa” ucapnya.

Menurutnya, untuk mengentaskan permasalahan kemiskinan ini harus dibangun sinergitas dan integritas seluruh pemangku kepentingan. Program pengentasan kemiskinan yang digalakkan, dan dapat diselesaikan melalui upaya pendidikan dan pelatihan, yaitu dengan mendidik dan memberdayakan masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam memulai usahanya.

“Kkeberhasilan pengentasan kemiskinan hanya bisa dicapai dengan cara mengidentifikasi kelompok sasaran dan wilayah sasaran dengan tepat,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , Sukarti, menuturkan, bantuan yang diserahkan sesuai proposal yang dimasukkan setiap kelompok. Proposalnya bervariasi, ada kelompok yang mau berusaha ternak, kebun dan usaha lainnya. Nilainya mencapai Rp. 24 juta setiap kelompok.

Sebelum bantuan diserahkan, kata Sukarti, dilakukan dulu pelatihan keterampilan berusaha bagi kelompok tersebut selama 3 hari yakni 16 hingga18 Mei 2017 yang di pusatkan diAula Warkop 533 Puncak Indah Malili. Tujuan pelatihan ini agar mereka yang diberi bantuan dapat mengelola usaha bersamanya dengan baik dan berkelanjutan.


div>