SENIN , 23 JULI 2018

Bupati Lutra Serahkan Ranperda Desa Ke DPRD

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 24 Februari 2016 17:59
Bupati Lutra Serahkan Ranperda Desa Ke DPRD

int

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menyerahkan tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) ke Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Luwu Utara. Dimana Ranperda ini diserahkan langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, kepada Ketua DPRD Luwu Utara, Mahfud Yunus, untuk segera dilakukannya pembahasan pada tingkat selanjutnya. Penyerahan ranperda tersebut dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Lutra, Rabu (24/2).

Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, mengatakan bahwa dalam rangka pembinaan dan pengawasan keuangan dan aset desa berdasarkan ketentuan dalam pasal 112 dan pasal 71 sampai dengan pasal 77 undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan permendagri nomor 1 tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa maka perlu menetapkan peraturan daerah Kabupaten Luwu Utara tentang keuangan dan aset.

Dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa di Kabupaten Luwu Utara, Peraturan daerah kelembagaan desa adalah amanat dari ketentuan pasal 48,I 49 dan 112 undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan pasal 61 sampai dengan pasal 64 peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang undan nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

“Untuk itu maka perlu disusun Perda tentang Kewenangan Desa dengan ruang lingkup sistem organisasi perangkat desa, sistem organisais masyarakat adat, pembinaan kelembagaan masyarakat, pembinaan lembaga dan hukum adat, pengelolaan tanah desaatau tanah hak milik desa, pengelolaan tanah bengkok dan atau berdasarkan kearifan lokal di Desa,” ungkap Indah dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan atas nama Pemerintah Kabuppaten Luwu Utara mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya selama ini. “Mari kita bersama sama bergandengan tangan dan bekerjsama untu8k membangun daerah ini, pilkada telah selesai, apa yang terjadi selama ini itu adalah dinamika politik, yang terenting sekarang ini adalah bagaimana kita kembali bekerja dengan saling bahu membahu untuk memajukan pembangunan di Luwu Utara,” kata Indah Putri.

Ketua DPRD Luwu Utara, Mahfud Yunus, saat memimpin paripurna penyerahan tiga buah Ranperda mengatakan bahwa, apa yang menjadi komitmen dan tujuan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, DPRD Luwu Utara siap mendukung dan bekerjsama dalam memajukan pembangunan di daerah ini.

“Kita siap membantu dan bekerjasama, apalagi dalam hal untuk membangun daerah yang kita cintai ini, karna sudah sepantasnya sebagai perwakilan rakyat kita mengabdi dan bekerja untuk kepentingan masyarakat Luwu Utara,” pungkas Mahfud Yunus.


div>