SELASA , 18 DESEMBER 2018

Bupati Pinrang Raih Gelar Doktor Administrasi Publik di UNM

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Selasa , 15 Mei 2018 13:35
Bupati Pinrang Raih Gelar Doktor Administrasi Publik di UNM

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Partisipasi masyarakat dalam pembangunan merupakan salah satu ciri dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Mustembang) selama ini merupakan salah satu instrumen utama dalam mengukur prestasi masyarakat dalam pembangunan.

Demikian alasan yang dikemukakan Andi Aslam Patonangi dalam menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang disampaikan dalam sidang ujian promosi untuk meraih gelar doktor administrasi publik, Selasa (15/5) di Ballroom Teater Pinisi UNM. Sidang ujian promosi dipimpin Prof.Dr.Husain Syam,M.TP dengan anggota: Prof.Dr.Jasruddin,M.Si., Prof.Dr.Haedar Akib,M.Si., Prof.Dr.Rifdan,M.Si., Prof.Dr.Rakhmat,M.S., Prof.Dr.Andi Ikhsan,M.Kes., dan penguji ekternal Prof.Dr.Syamsul Ma’arif, MM.,MBA.

Bupati Pinrang dua periode ini menemukan bahwa pertama, tingkat partisipasi masyarakat tergolong tinggi jika diukur berdasarkan kehadiran pada setiap tahapan namun fakta masih ada partisipasi yang dimobilisasi.

Temua kedua, hasil forum perencanaan pembangunan dalam bentuk forum SKPD tidak dijadikan dasar secara maksimal dalam penyusunan RKPD. Temuan terakhir, rekonstruksi model perencanaan focus group participatory and electronic management supporting.

Temuan terakhir sebagai novelty (kebaruan), yakni model yang memasukkan FGD mulai pramusrenbang sampai tahap akhir yang didukung oleh penerapan aplikasi elektronik dalam bentuk e-planning dan e-budgeting.

Dalam rapat sidang penguji, Andi Aslam Patonangi dinyatakan lulus dengan predikat pujian (cumlaude) dan meraih indeks prestasi kumulatif atau IPK 3,96. Raihan prestasi akademik ini mendapat apresiasi dan pujian dari Rektor UNM.

“Saya memberi peluang dan kesempatan kepada Dr. Andi Aslam Patonangi, SH.,MM. jika setelah selesai menjabat bupati dan mau berkiprah di bidang akademisi, saya siap menerima sebagai tenaga dosen. Kalau tidak, bisa kita manfaatkan sebagai penguji ahli bagi mahasiswa program doktor di bidang administrasi publik,” ajak Prof.Husain yang diikuti riuh tepuk tangan hadirin.

Asdir 3 Bidang Kerja Sama dan Publikasi menambahkan PPs UNM kembali menamatkan doktor berkualitas dari kalangan birokrat. Bupati Pinrang menunjukkan kapasitasnya sebagai birokrat yang profesional. “Kajian Pak Aslam sesuai dengan bidang pekerjaannya sehingga temuan penelitiannya betul-betul merupakan fakta di lapangan,” puji Prof. Anshari.(rls)


div>