RABU , 21 NOVEMBER 2018

Bupati Sinjai Kunjungi Sentra Pengolahan Hasil Perikanan, Begini Hasilnya

Reporter:

Syamsuddin

Editor:

Iskanto

Senin , 05 November 2018 10:00
Bupati Sinjai Kunjungi Sentra Pengolahan Hasil Perikanan, Begini Hasilnya

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa saat mengunjungi Sentral Pengolahan Hasil Perikanan, Minggu, (4/11).

Sinjai, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mengunjungi Sentral Industri Kecil Menengah Pengolahan Hasil Perikanan (PHP) yang terletak di Jalan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Sinjai Utara, Minggu, (04/11).

Sekretaris Dinas Perdagangan Perindustrian dan ESDM Sinjai, Abdu Rahman yang turut serta dalam kunjungan tersebut menyampaikan, pengoperasian sentra IKM PHP itu akan diupayakan untuk dipergunakan secepatnya.

“Paling cepat Desember Tahun 2018 atau paling lambat Januari Tahun 2019,” ujarnya Rahman.

Lebih lanjut, Rahman mengatakan, Sentra pengolahan hasil perikanan tersebut, dengan lahan seluas 10.000 m2 yang menggunakan anggaran sebesar Rp 23 M akan mendapat tambahan dana sebesar Rp 2,5 Miliar di Tahun 2019 nanti.

“Diawal pengelolaan sentra IKM PHP ini, akan menyerap tenaga kerja kurang lebih 100 orang dan terus bertambah sesuai kebutuhan nantinya, terkhusus pengelolaan Klinik Kemasan dapat melayani IKM baik lokal maupun luar kabupaten, yang membutuhkan, dari desain logo, merek hingga model kemasan,”jelasnya.

Sementara itu, Andi Seto menyatakan, keberadaan Sentra ini mesti berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat yang tentunya akan menambah PAD pihaknya.

“Saya lihat sentra Pengolahan Hasil Perikanan bantuan APBN ini cukup lengkap, ada ruang dan mesin pembekuannya (coldstorage), ada mesin filled, mesin pencacah ikan, dan beberapa mesin pengolahan perikanan lainnya. Bahkan sampai proses pengemasan dan packing,” katanya.

Selain itu, Ia juga berharap agar sentra ini segera beroperasi sehingga produk perikanan tidak dijual langsung tapi diolah. Sehingga memberikan nilai tambah dan sentra ini betul- betul dikelola secara profesional. Maka dari itu, kata dia, produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk sejenis baik lokal maupun nasional.


div>