SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Bupati Soppeng Pimpin Rapat Jarak Jauh

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 25 April 2016 19:58
Bupati Soppeng Pimpin Rapat Jarak Jauh

Anggota Badan Pengawas PDAM Makassar, Nurmal Idrus.

SOPPENG, RAKYATSULSEL.COM – Terobosan baru dibuat jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng. Menggunakan aplikasi WatshApp (WA) para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beserta Bupati dan Wakil Bupati Soppeng melakukan rapat.

Diketahui, saat ini Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, tengah mengikuti pembekalan kepala daerah baru di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta. Namun, itu tak menghalangi komandonya pada para pimpinan SKPD yang sebagian besar berada di Soppeng.

Mulai Jumat hingga Senin (22-25/4), bupati dan wakil bupati yang terpisah ribuan kilometer melakukan rapat dan koordinasi lewat fasilitas grup WA bersandi Forum Pimpinan SKPD dan Tenaga Ahli Pemkab Soppeng.

Seperti pada Minggu (24/4), Kepala Dinas Peternakan melaporkan antisipasi merebaknya virus antraks pada ternak sapi di Soppeng. Pada Jumat (22/54) lalu, ketika wakil bupati memerintahkan untuk kerja bakti massal, maka puluhan foto kerja bakti langsung masuk ke grup sebagai hasil laporan pimpinan SKPD.

Beberapa pimpinan SKPD lain juga melaporkan kondisi terkini dari tugasnya kepada bupati. Hebatnya, tak hanya berupa laporan tertulis, tetapi juga laporan langsung berupa foto dan bahkan bideo kegiatan.

“Ini aplikasi sederhana, namun memudahkan. Dimana pun saya berada pasti bisa memantau kondisi lapangan, bahkan 24 jam,” jelas Kaswadi.

Grup WA ini dibuat lebih efektif dan hanya beranggotakan Pimpinan SKPD dan Tenaga Ahli Pemkab Soppeng. Para tenaga ahli di bidang IT yang selama ini mendampingi bupati menjadi pengendali dan admin grup. Mereka mengatur lalu lintas diskusi dan akan memberikan bimbingan kepada pimpinan SKPD yang masih belum memahami.

“Awalnya sulit sekali, anggotanya tak lebih lima Kepala SKPD karena hanya itu yang tahu aplikasi ini dan punya smartphone-nya. Sekarang sebagian besar sudah tahu dan sudah ahli,” kata Nurmal Idrus, Tenaga Ahli Bupati, yang juga inisiator grup sambil tersenyum, Senin (25/4). (***)


div>