SENIN , 16 JULI 2018

Bupati Torut Lantik LSM Baranato

Reporter:

Cherly

Editor:

asharabdullah

Rabu , 11 Juli 2018 15:06
Bupati Torut Lantik LSM Baranato

Bupati Toraja Utara (Torut), Kalatiku Paembonan melantik Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Anti Narkoba Toraja (Baranato) di Gedung Van De Laster, Selasa (10/7) kemarin. Foto: Cherly/RakyatSulsel

TORAJAUTARA, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Toraja Utara (Torut), Kalatiku Paembonan melantik Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Anti Narkoba Toraja (Baranato) di Gedung Van De Laster, Selasa (10/7) kemarin.

Ketua panitia pelantikan Yoel Rombe Datu Bakka menuturkan bahwa adanya LSM Baranato ini seluruh masyarakat bisa bersama-sama melawan narkoba .

“Berdirinya LSM ini karena meilihat kondisi Toraja yang telah memasuki kondisi darurat narkoba. Dan organisasi Baranto digagas sejak April lalu dan panitia dalam beberapa hari bekerja keras demi terlaksananya kegiatan pelantikan pengurus Baranato dengan sumber dana dari donatur,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua LSM Baranato, Djuli Mambaya dalam sambutannya usai dilantik mengatakan, dengan adanya penanda tanganan kesepekatan antara Baranato dengan Bupati Torut ini sebagai wujud bahwa Baranato siap memberantas narkoba di Toraja.

“Ditengah maraknya penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak masa depan generasi muda daerah Toraja,” tuturnya.

Dia menambahkan, LSM yang digagasnya ini bisa menjadi wadah untuk memberantas narkoba di Toraja.

“Dan pelantikan yang bertepatan dengan hari Pahlawan Pongtiku, hal ini merupakan bagian dari gagasannya untuk memberantas narkoba di Toraja. Baginya pelantikan di hari Pahlwan Nasional Pongtiku ini diharapkan semangat kepahlawanan Pongtiku dalam mengusir parah penjajah dari bumi Lakipadada dengan hanya bersenjatakan tirrik Lada bisa menjadi motifasi dan dorongan bagi segenap pengurus dalam memberantas narkoba,” jelasnya.

Sementara itu, Kalatiku Paembonan bangga dengan ketua Baranato karena memiliki pedualian tinggi dengan Toraja, karena bukan hanya perduli narkoba tetapi juga perduli dengan dunia olaraga, dimana saat ini berkat dukungan Ketua Baranato jugalah sehingga Torut masuk 8 besar di Sulsel.

Kalatiku menjelaskan, peredaran narkoba di Toraja itu bagaikan setan yang sangat ditakuti namun tidak bisa dilihat secara langsung. Padahal instansi terkait sudah menangkap beberapa kali pengedar narkoba dan pemakainnya, namun masih saja terus beredar. Untuk itu perlu keperdulian bersama untuk bersama-sama menolak narkoba dan bersama-sama dengan instansi terakit untuk memberantas Narkoba.

“Dengan hadirnya LSM Baranato yang berkomitmen bersama-sama berantas narkoba, ini merupakan hal yang sangat positif dan sangat membangun. karena ternyata masih ada yang memiliki keperdulian akan kelanjutan bangsa ini, seperti yang dilakukan Baranato dan hal ini sangat membanggakan. Kami siap mendukung baranato dalam memberantas narkoba,” pungkasnya. (*)


div>