SENIN , 23 JULI 2018

Bupati Wajo Canangkan Gerakan Serentak Penanaman Pohon di Desa

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 18 Februari 2016 13:40

WAJO, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo pada tahun anggaran 2016 ini berharap kepada seluruh pemerintah desa untuk mendukung program penghijauan dan pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon.

Program yang dilontarkan ini akan dilakukan secara serentak di halaman rumah warga minimal dua atau tiga pohon setiap rumah.

“Saya minta kepada seluruh kepala desa agar mengakomodir program penanaman pohon ini, kalau bisa anggarkan pengadaan bibit tanaman dan dibagikan kepada warga-nya untuk ditanam di halaman rumah masing-masing,” ujar Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru di Sengkang, Kamis (18/2).

Gerakan penanaman pohon ini, sambung Bupati, sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah, program itu tidak bertentangan dengan aturan penggunaan dan pemanfaatan dana desa. Jenis tanaman yang dibagikan kepada warga nantinya adalah tanaman yang cocok dengan kondisi tanah masing-masing desa.

“Misalkan saja desa yang berada disebelah utara dan timur kabupaten Wajo, itu cocok untuk tanaman sukun, sebelah selatan tanaman nangka, sebelah barat buah naga dan nanas, atau bisa menyesuaikan keinginan masyarakat,” ulas Bupati.

Lanjut, Bupati penyandang Satya Lancana Kebaktian Sosial tingkat Nasional ini menginstruksikan agar lembaga terkait dalam hal ini BPMPDK (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa/Kelurahan) untuk membimbing pelaksanaan program penghijauan ini di tingkat desa.‎

“Saya minta Kepala BPMPDK Wajo membimbing kepala desa agar program ini bisa terlaksana. Pemerintah desa bisa mengakomodir program tersebut melalui dana desa, itu tidak bertentangan dengan aturan sepanjang dalam pelaksanaannya tertib administasi,” pungkas Bupati.


div>