MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Burhanuddin Bangun Koalisi Gemuk

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 05 April 2016 10:21
Burhanuddin Bangun Koalisi Gemuk

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM — Partai politik di Sulsel dipastikan akan fokus pada pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Kabupaten Takalar tahun 2017 mendatang.

Hal ini benar-benar dimanfaatkan figur yang bakal maju pada bursa pencalonan untuk menguasai parpol. Salah satu figur yang terindikasi bakal membangun koalisi gemuk untuk maju di Pilkada Takalar adalah Bupati Burhanuddin Baharuddin.

Hal tersebut dapat dilihat dari gerakan yang dilakukan oleh Tim Pemenangan Burhanuddin dengan melakukan pendaftaran pada seluruh Parpol sebagai calon Bupati yang akan diusung nantinya. Namun tidak semua parpol telah membuka pendaftaran.Tim Keluarga Pemenangan Burhanuddin Baharuddin, Baso DN mengatakan Tim keluarga telah melakukan pendaftaran di PDIP dan NasDem. Menurutnya, Tim keluarga Burhanuddin masih menunggu pendaftaran partai lain.

“Tim keluarga saat ini telah mendaftar di PDIP dan NasDem, namun kita masih menunggu pendaftaran partai lain dan ketika ada perintah dari Pak Bur maka Tim keluarga akan diutus untuk melakukan pendaftaran,” kata Baso, Senin (4/4).

Ia menambahkan, Burhanuddin masih tengah fokus pada jabatannya sebagai Bupati Takalar. Meski begitu, Burhanuddin juga tengah melakukan komunikasi politik dengan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Takalar.

“Pak Bur masih fokus pada jabatannya sebagai Bupati di Takalar, namun sebagai bentuk keseriusannya maju kembali pada Pilkada Takalar mendatang Pak Bur juga melakukan komunikasi politik dengan seluruh Parpol termasuk dengan fraksi di DPRD Takalar,” ujarnya.

Khusus untuk pembentukan Tim, kata Baso, Burhanuddin belum memikirkan hal tersebut. Menurutnya, Tim nantinya secara resmi akan dibentuk ketika Komisi Pemulihan Umum (KPU) Takalar telah menentukan tahapan Pilkada.

[NEXT-RASUL]

“Sebanarnya untuk Tim resmi Pak Bur belum dibentuk, yang jalan selama ini adalah Tim keluarga. Tim akan dibentuk secara resmi ketika KPU telah mengeluarkan tahapan resmi Pilkada,” tandasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Takalar, Amiruddin Mami mengatakan ada dua bakal calon bupati yang telah mengambil formulir pendaftaran di DPC PDIP beberapa waktu yang lalu. Nantinya kedua orang tersebut akan mengikuti Fit and Proper Test di DPD.

“Tim Pak Bur dan Ibu Nurhikmah yang telah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran di DPC PDIP Takalar, nantinya keduanya akan melakukan Fit and Proper Test di DPD,” kata Amiruddin.

Ia menambahkan, setelah melakukan pengembalian formulir Tim Burhanuddin belum melakukan komunikasi yang intens. Namun, ia mengaku komunikasi itu akan tetap berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada pada partai PDIP.

“Belum pi ada komunikasi yang intens antar Tim Pak Bur dengan DPC PDIP Takalar, yang jelas komunikasi itu akan tetap kita jalin yang tentunya harus sesuai dengan mekanisme partai yang ada,” tuturnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulsel, La Tinro La Tunrung mengatakan belum ada komunikasi dengan pihak Burhanuddin Baharuddin. Namun, ia tidak akan menutup diri ketika nantinya ada Tim Burhanuddin yang akan melakukan komunikasi politik dengan partainya.

“Belum pi ada Tim Pak Bur untuk melakukan komunikasi politik terkait dukungan pada Pilkda Takalar, yang jelas kita (Gerindra, red) tidak akan menutup diri untuk membuka ruang komunikasi,” ujarnya.

[NEXT-RASUL]

Ia menambahkan, pada bulan ini Gerindra Sulsel akan melaksanakan pendaftaran bakal calon bupati pada Pilkada Takalar mendatang. Namun, ia belum memastikan kapan jadwal pasti pendaftaran tersebut akan dilaksanakan.

“Insya Allah pada bulan ini kita akan buka pendaftaran bakal calon bupati yang akan maju pada Pilkada Takalar, secepatnya kita akan laksanakan,” ujarnya.

Senada dengan La Tinro La Tunrung, Wakil Ketua DPD Hanura Sulsel, Imbar Ismail mengaku partainya juga belum melakukan komunikasi dengan bakal calon bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin. Menurutnya, pertengahan April ini Hanura Sulsel juga akan membuka pendaftaran bakal calon bupati yang akan diusung oleh Hanura.

“Belum ada, saya juga belum berkomunikasi dengan Pak Bur, yang jelas kalau mau diusung oleh Hanura haruslah sesuai dengan mekanisme yang ada pada partai yakni melakukan pendaftara, dan mudah-mudahan pertengahan April ini kita akan bukan pendaftaran di Hanura,” pungkasnya.

Sementara Koordinator Wilayah (Korwil) NasDem di Gowa dan Takalar, Dahlan Gege mengatakan, ada beberapa tahapan dalam Partai Nasdem untuk figur yang akan diusung di pilkada, seperti pengambilan formulir sampai penjaringan bakal calon.

“Partai NasDem sangat jelas mekanismenya untuk siapa yang akan diusung. Kalau tugas DPD Nasdem hanya melakukan penjaringan bakal calon, setelah itu bakal calon menjadi tiga yang setelah itu akan dipilih oleh DPW,” kata Dahlan.

[NEXT-RASUL]

Dirinya menyebutkan, selain dirinya, ada beberapa figur yang sudah mendaftar agar bisa diusung di Pilkada Takalar, seperti Bupati Burhanuddin Baharuddin, Wakil Ketua PKS Sulsel Syamsari Kitta. “Itulah hasil pleno DPD NasDem Takalar lalu di kirim ke DPW melakukan pleno untuk menambahkan dua orang lagi,” ujarnya.

Yang disodorkan itu, lanjut Dahlan, yaitu, Wakil Bupati Takalar Natsir Ibrahim, dan Politisi PPP Sulsel Ahmad Dg Se’re saat rapat yang berlangsung belum lama ini. Dan hasil rapat pleno pada saat itu yang tertinggi untuk diusung di Pilkada Takalar adalah Natsir Ibrahim, kedua, Burhanuddin, lalu Syamsari.

“Jadi lima nama ini di kirim ke DPP untuk di survei, yang akan memilih di antara lima ini. Ada kemungkinan kelima itu di pilih atau tidak di pilih. Tapi saya yakin salah satunya di ambil di antara lima itu. Karena mereka adalah figur mayoritas di Takalar,” ujarnya. (E)


div>