KAMIS , 18 JANUARI 2018

Buronan Kredit Fiktif Ditangkap Di Bogor

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 08 September 2012 11:09
Buronan Kredit Fiktif Ditangkap Di Bogor

DITANGKAP: Tajang yang menjadi buron Kejaksaan berhasil ditangkap di Bogor. Malam tdi, tersangka tiba di Makassar.

DITANGKAP: Tajang yang menjadi buron Kejaksaan berhasil ditangkap di Bogor. Malam tdi, tersangka tiba di Makassar.

RAKYAT SULSEL . MAKASSAR – Pelarian Direktur A Tiga Sengkang, Tajang HS, berakhir. Jumat (7/9) kemarin, Tim Satgas Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) berhasil menangkapnya.

“Dia tertangkap di Pakuan Regency Cluster Lingga Buana D6 Nomor 8, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (7/9) pukul 11.15 WIB,” kata Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Edwin Pamimpin Situmorang kemarin.

Posisi kasusnya sendiri melalui berkas perkara nomor PDS-12/R.4.5/Fd.1/2011 tanggal 30 November 2011. “Berkas perkara dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa peneliti pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Tajang menjadi buron setelah ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi senilai Rp 41 miliar dalam kredit fiktif pengadaan 300 mobil dan 200 motor di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Somba Opu Makassar 2007-2008 silam.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar, Chaerul Amir, membenarkan penangkapan tersangka kasus korupsi yang telah buron selama setahun pasca ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik kejaksaan.

“Benar Tajang sudah ditangkap oleh tim Satgas Intelijen Kejagung di Bogor,” kata Chaerul.

Sebelumnya Satgas Intelijen Kejagung juga berhasil menangkap buronan Kejati Sulsel pada kasus korupsi kredit fiktif senilai Rp 44 miliar di Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Cabang Makassar  Direktur PT Aditya Resky Abadi (ARA) Djusmin Dawi di Jakarta Seletan (Jaksel) 17 Juli lalu.

Usai tersangka ditangkap di daerah Bogor, Jawa Barat, Tajang langsung digiring Kejagung RI untuk kemudian diterbangkan menuju Makassar sekitar pukul 17.00 wib untuk daerah Jakarta dengan menumpangi pesawat Garuda. Dia tiba di Makassar sekitar 21,15 wita malam tadi.

“Yang bersangkutan langsung diterbangkan ke Makassar untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka,” tambah Kajati Sulsel Fietra Sany mengapresiasi kinerja pihak Kejagung RI dalam membantu pengejaran buronan Kejati Sulsel.

Chaerul menambahkan, tersangka yang telah lama menjadi incaran dan intaian Satgas Intelijen dibekuk berdasarkan informasi yang dikumpulkan tim dari rekan bisnis Tajang yang sampai saat ini dipercayakan menjalankan bisnisnya selama masa pelarian Tajang.

“Rekan bisnis Tajang sudah lama diintai dan berhasil didapatkan informasi dari rekannya itu,” terang mantan Kejari Tanggarang ini.

Diketahui, Tajang dijadikan tersangka dalam kasus korupsi kredit fiktif pengadaan 300 mobil dan 200 motor di BRI Somba Opu Makassar bersama dengan Accounting Office di BRI Somba Opu Whisnu Purnomo yang saat ini sudah menjalani proses persidangan.

Keduanya ditetapkan menjadi tersangka kasus penyertaan modal pada BRI Somba Opu lantaran dinilai terbukti secara bersama-sama melakukan manipulasi data nasabah dan pemalsuan laporan keuangan untuk mendapatkan dana pinjaman kredit dalam melunasi utang kredit miliknya di Bank Negara Indonesia (BNI) OTO senilai Rp 27 miliar. (RS1/D)


Tag
div>