SELASA , 18 DESEMBER 2018

Buru Cullang, Warga Serang Tim Hiu

Reporter:

doelbeckz

Editor:

Kamis , 10 Agustus 2017 12:33
Buru Cullang, Warga Serang Tim Hiu

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKSUL – Sekelompok warga Kandea tiba-tiba menyerang Tim Hiu, Satres Narkoba Polretabes Makassar, saat menangkap Ruslan alias Cullang. Cullang, warga Jalan Kandea, Kecamatan Bontoala, merupakan salah satu pengedar narkoba yang telah menjadi target Tim Hiu.

Tim Hiu mengendus keberadaan Cullang di rumahnya, pada Selasa lalu. Tim langsung bergerak ke lokasi dan berhasil membekuk Cullang. Meski demikian, ketika Tim Hiu akan mengevakuasi tersangka ke Mapolrestabes Makassar, warga sekitar dan para ibu rumah tangga langsung menyerang anggota dengan lemparan batu.

Pada saat yang bersamaan, sekitar sepuluh warga langsung menarik Cullang dari pengawalan petugas. Selanjutnya, petugas tidak dapat berbuat banyak untuk mempertahankan Cullang, karena mereka kalah jumlah dari warga sekitar. Personel Tim Hiu yang melakukan penangkapan terhadap Cullang hanya berjumlah lima orang.

Kepala Satuan Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Diary Astetika, mengatakan, pihaknya tetap berupaya meminta bantuan kepada anggota Satreskrim dan Satuan Sabhara Polrestabes Makassar. Hanya, bala bantuan baru tiba sekitar satu jam kemudian.

“Sekira pukul 13.00 WITA kami berhasil menangkap Cullang. Tapi kami tiba-tiba diserang warga. Bantuan datang satu jam kemudian. Tersangka pun sudah melarikan diri,” kata Diary diberitakan Rakyat Sulsel, Kamis (10/8).

Ia mengatakan, setelah gabungan personel Satreskrim dan Sabhara tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP), pihaknya langsung melakukan penyisiran. Namun tersangka telah melarikan diri. Anggota hanya berhasil menemukan 13 paket sabu yang dibuang pelaku tidak jauh dari rumahnya.

Sejauh ini, polisi terus melakukan pengejaran terhadap Cullang, yang statusnya telah dinaikkan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO). Upaya lain yang dilakukan anggota Satres Narkoba Polrestabes Makassar adalah memeriksa sejumlah saksi di TKP yang telah membantu proses pelarian diri Cullank.

[NEXT-RASUL]

“Siapa pun yang turut membantu pelarian tersangka kasus narkoba, merupakan tindak pidana. Kami akan mengusut tuntas hal itu,” tegasnya.

Meskipun Cullang berhasil kabur, Tim Hiu berhasil menangkap dua pengedar narkoba jaringannya, yakni Armanto alias Anto dan Rusman Sultan alias Rusman. Keduanya merupakan pengedar sabu paketan Rp100 ribu.

Dari tangan kedua tersangka, polisi mengamankan 16 paket sabu. Saat ini, kedua tersangka berikut barang bukti telah diamankan di Mako Polrestabes Makassar untuk proses penyidikan lebih lanjut. (***)


div>