RABU , 17 OKTOBER 2018

Butuh Rp18 Miliar untuk UNBK seluruh SMA

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 05 April 2016 14:48
MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk bisa menganggarkan sekira 3.100 unit komputer atau Rp18 miliar lebih agar semua sekolah SMA di Makassar bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Wakil Ketua Komisi D Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), Andi Nurman, menyatakan, untuk tahun depan, tidak ada lagi alasan pemkot untuk tidak menganggarkan lebih banyak untuk pendidikan di Kota Makassar
“Kita tidak boleh kalah sama Surabaya (Jawa Timur) yang sekolahnya sudah UNBK sudah 100 persen,” ujarnya saat di Kantor DPRD Kota Makassar, Selasa (5/4).
Legislator Fraksi Golkar ini, menambahkan, itu tidak seberapa di bandingkan pembebasan lahan yang di anggarkan yang lebih dari itu. Banyak anggaran terbuang karena kurang jelas manfaatnya, semestinya yang seperti ini harus di realisasikan.
“Kalau kita di DPRD akan dorong pengaggarannya, seperti mengadakan laboratorium komputer setiap sekolah yang belum punya agar jika ujian mendatang, komputer itulah yang akan di pakai,” ujarnya.
Sementara, Kepala Bidang Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ahmad Hidayat, menuturkan, saat ini total UNBK SMA/SMK Negeri dan Swasta adalah 243 sekolah, uang ikut UNBK, 39 Sekolah,  sementara 204 yang masih manual.
Mantan Kepala Sekolah SMAN 8 ini, menjelaskan, ada beberapa poin syarat untuk sekolah tersebut bisa UNBK, seperti infrastruktur sekolah yang baik, listrik dan jaringan di sekolah itu.
“Kita berharap kepada Pemkot Makassar agar meningkatkan pelayanan sekolah ditingkatkan, kita masih butuh perhatian dari pemerintah,” tuturnya. (***)‎

 


div>