KAMIS , 26 APRIL 2018

Cakka Berbagi Tips Sukses ke Mahasiswa KKN UIN

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Jumat , 23 Februari 2018 11:26
Cakka Berbagi Tips Sukses ke Mahasiswa KKN UIN

int

 

LUWU, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Luwu Andi Mudzakkar (Cakka) yang sedang menjalani cuti untuk maju di Pilgub Sulsel, menyempatkan waktunya untuk bersilaturahmi sekaligus menjamu sekitar 250 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Luwu.

Silaturrahmi yang berlangsung di kediaman pribadi Andi Mudzakkar di Sabe, Belopa, Kamis (22/2), merupakan bagian terima kasih para mahasiswa dan Cakka atas kerjasama yang terjalin selama ini.

Dalam jamuan dan silaturahmi itu, Cakka sapaan Andi Mudzakkar, meminta maaf sekaitan dengan ketidakhadirannya pada proses penerimaan mahasiswa KKN UIN di Luwu yang dimulai pada Desember 2017.

“Saya minta maaf karena waktu itu tidak bisa hadir. Dan malam ini saya berterima kasih kepada anak-anakku yang telah beberapa bulan ini mengabdikan ilmunya di Luwu, ” kata Cakka.

Menurut Cakka, seorang mahasiswa mempunyai dua tanggung besar kepada masyarakat. Pertama, tanggung jawab akademik dan tanggung jawab sosial. Tanggung jawab akademik ini adalah ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah menuntut tanggung jawab besar untuk diaplikasikan.

“Ilmu yang didapat dari dosen di situ ada tanggung jawab untuk diaplikasikan. Hakikat ilmu itu adalah perubahan pola pikir ke arah yang lebih baik. Kedua, tanggung jawab seorang mahasiswa adalah tanggung jawab sosial kepada masyarakat,” terangnya.

Mahasiswa, lanjut dia, harus menumbuhkan jiwa-jiwa sosial yang dalam atau dengan kata lain solidaritas sosial. Solidaritas yang tidak dibatasi oleh sekat sekat kelompok, namun solidaritas sosial yang universal secara menyeluruh.

“Dua tanggung jawab itulah yang melekat pada diri seorang mahasiswa,” jelas Cakka.

Usai acara silaturrahmi, para mahasiswa berebut untuk melakukan foto bersama dengan kandidat wakil gubernur Sulsel nomor urut 4 itu. (*)


div>