JUMAT , 20 JULI 2018

Cakka Dinilai Siap Dampingi IYL

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 06 Juni 2017 20:10
Cakka Dinilai Siap Dampingi IYL

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Bakal calon (Balon) Gubernur Sulsel 2018 mendatang, Ichsan Yasin Limpo (IYL) hampir pasti menentukan lima nama yang diwacanakan punya kans mendampngi Ketua PMI Sulsel itu, yakni Andi Mudzakkar, Mathius Salempang, Andi Maradang (Datu Luwu), Andi Yagkin Padjalangi, serta Andi Aslam Patonangi. Di samping itu, nama Rusdi Masse (RMS) ikut dijagokan sebagai figur yang mewakili Ajattapareng bersama Aslam.

Namun, jelang penentuan pasangan Ichsan YL, Rabu (7/6) besok, nama Andi Mudzakkar (Cakka) dan Rusdi Masse (RMS) semakin mengerucut untuk mendampingi Ichsan YL, Penentuan pasangan akan dilakukan dengan cara bermusyawarah, seperti yang dilakukan oleh Ichsan YL saat maju di Pilkada Gowa 2005 dan Pilkada 2010 lalu.

Juru Bicara IYL, Resky Fatmala Pasolo, mengatakan, hingga saat ini belum ada nama yang mengerucut. Ia menekankan, penentuan bakal pasangan IYL akan ditentukan pada hasil musyawarah seluruh figur yang mencuat saat ini

“Kita tentu hargai jika ada analisis-analisis dan masukan tentang siapa figur pendamping Pak IYL. Tetapi tetap penentuannya melalui musyawarah nama-nama yang sudah dikerucutkan selama ini,” ungkapnya.

Key, –sapaan akrab Resky Fatmala Pasolo menuturkan bahwa, ia enggan untuk berspekulasi lebih jauh soal siapa figur yang akan mendampingi IYL. Dimana, ia menekankan semua keputusan telah diserahkan oleh IYL kepada bakal calon pendampingnya untuk bermusyawarah.

“Soal siapa yang diputuskan, saya tidak ingin mendahului hasil pertemuan yang direncanakan, Rabu (07/06/17) besok. Mengingat, pak Ichsan sudah menyerahkan kepada bakal calon pendampingnya untuk bermusyawarah dan bermufakat sendiri,” jelas Key.

“Jadi kita tunggu bersama saja seperti apa hasil pertemuannya. Yang pasti, semua nama yang beredar selama ini, tentu punya  kelebihan atau keunggulan masing-masing jika dipaketkan dengan bapak,” lanjutnya.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Andi Luhur Prianto mengatakan, dari dua figur yang mencuat akan mendampingi IYL, yang paling siap adalah Cakka. Dimana, kata Luhur, Cakka lebih siap untuk ikut bertarung ketimbang RMS yang hingga saat ini belum menunjukkan keseriusannya.

“Kedua tokoh ini punya kelebihan dan kelemahan nya masing-masing. Cuma mungkin ada memang yang sudah siap untuk fight dengan IYL dan ada yang masih malu-malu. Saya lihat Pak Cakka lebih di banding dengan RMS. Pak Cakka sepertinya relatif lebih siap untuk posisi wakil dan fokus untuk running untuk Pilgub,” jelasnya.


div>