SENIN , 10 DESEMBER 2018

Calo Penerimaan TNI Tiga Bulan Diperiksa

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 07 April 2017 10:43
Calo Penerimaan TNI Tiga Bulan Diperiksa

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kasus dugaan percaloan penerimaan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) AD tahun 2016 lalu memasuki tahap pemeriksaan di kepolisian dan Kodam VII Wirabuana. Kasus ini melibatkan 11 orang perwira menengah hingga pangkat terendah Tamtama termasuk PNS Kodam VII Wirabuana.

“Kita sudah memeriksa dan sudah diberikan sanksi berat sesuai pelanggaran yang telah dibuat oleh Panglima. Mereka semua telah menghambat profesional prajurit dan memberikan sitgma negatif kepada Tentara AD,” kata Kapendam VII Wirabuana, Kolonel inf Alamsyah di acara HUT Persik Kartika Chandra Kirana diberitakan Rakyat Sulsel, Jumat (7/4).

Ia menambahkan, percaloan yang dilakukan oknum TNI tersebut akan diproses sesuai aturan di institusinya. Jika percaloan dilakukan dari oknum di lingkup kodam, maka akan ditangani oleh kodam. Sementara, jika oknum lain, maka diserahkan ke kepolisian.

“Sanksi diberikan berbeda-beda, ada teguran, tidak naik pangkat, sanksi administrasi sampai sanksi kurungan atau penjara,” ujarnya.

Proses pemeriksaan tersangka percaloan, lanjutnya, akan memakan waktu diperkirakan satu sampai tiga bulan karena kasus pencaloan melibatkan banyak pihak.

“Untuk tahun penerimaan tentara 2017, pihak kodam akan menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa seleksi penerimaan tentara itu tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis,” tegas Alamsyah. (***)


div>