SENIN , 16 JULI 2018

Cara Bicaramu Jadi Simbol Harga Dirimu

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 01 Februari 2016 12:00
Cara Bicaramu Jadi Simbol Harga Dirimu

int

Bagi kita orang Bugis Makassar, menghormati orang lain, sama membahasakan seperti orang lain kita harapkan hormat seperti itu pada kita. “Iyaji antu karaeng tau biasayya akkaraeng.” Artinya, kalau mau lihat raja adalah orang yang biasa merajakan orang lain.

Kalau begitu, bicara dan tutur katamu adalah simbol penghormatanmu. Jaga kata-katamu, karena kalau sudah diucapkan itu akan jadi harga dirimu. Bahkan itu jadi komitmenmu pada publik yang wajib kau pegang teguh dan laksanakan.

Katamu sebagai ksatria ulung haruslah kata-kata bijak yang tidak menyakitkan. Sebaiknya tawaddhu, rendah hati, tidak sombong, pongah dan serba mentang-mentang, sok kuasa. Kata-kata kepada yang tua harus terasa terhormat, dan pada yang muda harus bertabur kasih sayang yang tulus.

Kelebihan dirimu sama sekali tidak boleh jadi alasan untuk meremehkan orang lain. Terlebih pada orang tuamu atau yang kau tuakan.

Ingat, pangkat dan hartamu serta gelarmu adalah daki-daki yang melekat. Tidak akan mengutuhkan harga dirimu, kalau sombong dan menyakitkan hati orang lain atau orang banyak.

Selamat berjuang, selamat bekerja. Ridho Allah bersama kita.


Tag
div>