SENIN , 22 OKTOBER 2018

Cara Hebat Menurunkan Berat Badan

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Jumat , 18 September 2015 02:21
Cara Hebat Menurunkan Berat Badan

ilustrasi

RAKYATSULSEL.COM – Masalah berat badan merupakan masalah yang bisa dialami siapa saja, terutama pada lansia. Menurunkan berat badan pada lansia merupakan hal yang sangat sulit. Tetapi masih banyak lansia yang masih ingin mendapatkan tubuh indah seperti sewaktu mereka masih muda dulu.

Pada usia yang sudah tidak lagi muda ini, sangat sulit sekali jika ingin melakukan penurunan pada berat badan para lansia ini karena metabolisme mereka sudah mulai melemah dan ada masalah pada kesehatan fisik mereka seperti masalah persendian dan pada tulang yang pasti bisa mengganggu dalam kegiatan sehari-hari.

“Kelebihan lemak adalah sesuatu yang tidak bisa kita abaikan tidak peduli berapa usia kita,” kata peneliti Dr. Robert Huizenga, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (16/9).

Tips menurunkan berat badan bagi Anda yang berumur 60 tahun

1. Fokus pada menghilangkan lemak, bukan menghilangkan berat badan.
“Pada usia lanjut Anda tidak bisa kehilangan otot, jaringan organ atau massa tulang yang berarti Anda harus fokus pada angka atau skala,” kata Huizenga.

Jadi, seorang wanita yang memiliki tinggi 5 ‘4 (162cm) harus memiliki ukuran pinggang tidak lebih besar dari 32 inci, seorang pria yang memiliki tinggi 5’ 9 (175cm) harus memiliki ukuran pinggang tidak lebih besar dari 34,5 inci.

2. Minum banyak air.
Tentu saja, ini adalah saran untuk siapa pun yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan, tapi minum banyak air sangat penting seiring bertambahnya usia.

[NEXT-RASUL]

3. Tambahkan latihan kekuatan untuk rutinitas Anda.
Anda tahu bahwa massa otot menurun dengan usia. Pada usia 50 tahun Anda punya massa otot sekitar 20 persen, sedikit berkurang daripada saat Anda berusia 20 tahun. Anda juga tahu bahwa kehilangan massa otot akan membuat metabolisme lebih lambat, yang menjelaskan mengapa berat badan Anda mudah naik.Tapi ada sesuatu yang bisa Anda lakukan tentang hal itu yakni angkat beban.

“Tentu saja, jika Anda tidak memiliki rejimen latihan beban yang konsisten Anda akan bisa mulai dengan angkat beban ringan yang akan memberikan tubuh Anda waktu untuk beradaptasi tanpa menempatkan terlalu banyak tekanan pada otot atau sendi dan membantu Anda menghindari cedera,” kata Huizenga.

4. Konsumsi protein.
“Ada beberapa bukti bahwa orang dewasa yang lebih tua membutuhkan lebih banyak protein,” kata Susan Bowerman, seorang ahli diet di Los Angeles.

“Sebuah studi di University of Arkansas menemukan bahwa peningkatan asupan protein bisa membantu orang dewasa yang lebih tua membangun otot yang bisa membantu menangkal hilangnya otot yang berkaitan dengan usia,” kata Bowerman. (JPNN)


Tag
  • diet
  •  
    div>