Catat! Ini Fase Penting Seleksi Cakada Usung Demokrat di Pilkada 2018

Ketua Partai Demokrat Sulsel, Ni'matullah (paling kanan) dalam pertemuan dengan sejumlah akademisi, media dan NGO terkait rencana uji kelayakan dan kepatutan kandidat calon kepala daerah di Pilkada 2018

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM — ¬†Tahapan berkualitas kembali diagendakan Partai Demokrat dalam seleksi penjaringan calon gubernur dan calon walikota/bupati 12 daerah Pilkada di Sulsel. 93 pendaftar cakada, direncanakan diundang untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and propert test).

Fase ini cukup penting bagi kandidat sebelum DPW Partai Demokrat Sulsel melakukan konsultasi dengan DPP untuk memfinalkan rekomendasi final terkait pengusungan paslon di Pilkada 2018.

¬†“Seleksi calon kepala daerah oleh DPW Demokrat Sulsel mendapat apresiasi dari DPP. Pengalaman Pilkada 2015, semua kandidat yang direkomendasikan DPW mendapat persetujuan dari DPP. Kami memberikan kajian yang komprehensif dalam melakukan seleksi,” ujar Ni’matullah, Ketua DPW Demokrat Sulsel.

Fit and propert test kandidat cakada usungan Demokrat dijadwalkan berlangsung sepuluh hari, 19-29 Agustus 2017 nanti. “Semua kandidat yang resmi mendaftar di Demokrat, diundang dalam tahapan ini. Uji kelayakan dipusatkan di Kota Makassar,” kata Ni’matullah.

Partai Demokrat melibatkan stakeholders dalam uji kelayakan dan kepatutan cakada. Diantaranya dari unsur akademisi, unsur media massa dan NGO. 

Sikap politik Partai Demokrat banyak ditunggu publik dalam menghadapi momentum Pilkada 2018 di Sulsel. Itu karena parpol berlambang mercy ini, meraih kursi signifikan di DPRD Provinsi Sulsel dan di sebagian besar kabupaten/kota.

[NEXT-RASUL]

Partai Demokrat meraih 11 kursi atau terbanyak kedua di DPRD Sulsel. Kecuali Kabupaten Luwu, Demokrat menjadi parpol papan atas dalam perolehan kursi di 11 kabupaten/kota yang akan melangsungkan Pilkada 2018. (*)