SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Catatan Harian Dakwah (135)

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 24 Mei 2018 23:34
Catatan Harian Dakwah (135)

int

SYAHRUL SYUKUR
Oleh: Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A

Bersyukur kepada Allah Swt atas berbagai nikmat yang diberikan olehNya, sebagaimana Allah berfirman: Lainsyakartum laaziy dannakum walain kafartum inaa azzabiy lasyadiyd (Barangsiapa yang bersyukur kepada Allah, maka Allah akan menambah nikmat kepadanya, dan barang siapa yang kufur nikmat, maka azab Allah sangat pedih).

Orang yang bersyukur adalah orang yang mampu melipatgandakan segala potensi dirinya meraih pahala sebesar-besarnya di bulan Ramadhan ini, termasuk banyak memberi sumbangan pembangunan masjid. Bahkan Rasulullah Saw menyebutkan orang yang mambangun masjid, bagaikan ia membangun istananya di dalam syurga.

Nikmat yang diberikan Allah begitu banyak, sebagaimana Allah berfirman: wain taudduu nikmatallaahi laa tuh suuha (Jika mau menghitung-hitung nikmat Allah Swt, niscaya engkau tidak akan mampu menghitungnya). Bahkan ulama berkata : sekiranya seluruh pohon dijadikan pena, dan air laut dijadikan tinta untuk menuliskan semua nikmat Allah, maka semua itu akan habis, sementara nikmat Allah belum semuanya dituliskan.

Ilustrasi kecil tentang nikmat Allah dalam bernafas. Ada yang pernah menghitung dalam 1 menit manusia bernafas 25 kali, sehingga dalam 1 jam 25 x 60 menit sama dengan 1500 kali. Dalam 1 hari dikalikan 24 jam= 36.000 kali, dan dalam 1 bulan dikalikan 30 hari, sehingga 1.080.000 kali manusia bernafas dalam sebulan. Bandingkan orang sakit di rumah sakit yang menggunakan bantuan alat pernafasan, berapa besar biaya yang dikeluarkan olehnya. Sementara bagi kita yang sehat, semuanya itu bebas tanpa biaya. Lalu mengapa manusia tidak beribadah kepada Allah sebagai ungkapan rasa syukur kepadaNya?

Untuk itu, mari mensyukuri nikmat Allah di bulan suci ini dengan banyak beribadah dan amal shaleh, agar Allah semakin menambah nikmatNya.

Semoga bermanfaat.


div>