RABU , 12 DESEMBER 2018

Catatan Kepemimpinan TP, Dari Disclamer Disulap WTP Hingga Tiga Kali Berturut-turut

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Lukman

Sabtu , 14 April 2018 06:12
Catatan Kepemimpinan TP, Dari Disclamer Disulap WTP Hingga Tiga Kali Berturut-turut

int

PAREPARE, RAKSUL.COM– Kesuksesan sejati bukanlah pada hasil yang dicapai, tetapi kenikmatan sejati dari kesuksesan besar terletak pada prosesnya. 

Demikian selirik bahasa yang mampu menggambarkan perjalanan Taufan Pawe akhirnya mewujudkan mimpi menjadikan Parepare raih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian. Prestasi yang sangat membanggakan dan kali ketiga dalam sejarah Parepare yang diberikan lembaga berkompeten Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Pemkot Parepare.

Sukses ini menjadikan Parepare untuk ketiga kalinya meraih predikat WTP dalam sejarah. Sekaligus menjadi bukti mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) sebagai salah satu program prioritas dalam kepemimpinan Wali Kota DR HM Taufan Pawe, SH, MH yang kini sedang cuti kampanye.

Wajar tanpa pengecualian (unqualified opinion) adalah opini audit yang diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi.

“Alhamdulillah ini menunjukkan laporan keuangan kita baik, bersih, transparan dan akuntabel. Ini merupakan ketiga kalinya,” ungkap Taufan Pawe dalam kampanye yang digelar di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Jumat, (13/4/2018)

Buruknya pengelolaan keuangan daerah, memang menjadi salah satu problem Pemkot Parepare selama ini. Pada 2013 dan atau pada tahun pertama kepemimpinan Taufan Pawe mewarisi posisi Disclamer dari pendahulunya.

Taufan yang dikenal tegas dan bekerja secara terukur, mampu membenahi manajemen pengelolaan keuangan daerah. Sesuai target, Parepare akhirnya berhasil menyulap opini disclaimer menjadi WDP di tahun 2014 bahkan berhasil meraih WTP di tahun 20159 2016, hingga 2017 yang diterima tahun ini.

Taufan Pawe mengatakan jika penghargaan itu sebagai bukti jika selama ini pemerintahannya telah mampu mempertanggungjawabkan pengelolaan dana APBD dengan baik dan bersesuaian ketentuan hukum.

Di awal pemerintahannya, Taufan diwarisi dengan predikat Disclamer, lalu di tahun pertama menahkodai pemerintahan, dia mampu keluar dan mencapai predikat Wajar Dengan Pengecualian, tahun kedua dengan predikat yang sama, dan pada tahun ketiga ia menorehkan sejarah besar dan kebanggaan mewujudkan mimpi besar itu hingga tahun kelima ia menjabat. (*)


div>