MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Cegah DBD, Bosowa Taksi lakukan Fogging

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 04 Februari 2016 16:23

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Musim hujan, pergantian musim, dan kondisi musim yang tidak menentu menjadi rawan dengan kehadiran berbagai jenis penyakit. Salah satunya, dengan akibat yang cukup parah, adalah demam berdarah, atau juga dikenal dengan nama panjang Demam Berdarah Dengue (DBD), yang memberikan efek rasa sakit serta melemahkan tubuh, oleh karena itu, demam berdarah dikenal juga sebagai demam sendi (break bone fever).

Demam berdarah disebarkan/ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti betina yang telah terinfeksi virus dengue, dan akibatnya bisa sangat fatal. Penyebaran penyakit ini mencapai sepertiga dari seluruh belahan dunia. Fogging atau teknik pengasapan untuk membasmi nyamuk-nyamuk Aedes aegypti penyebar demam berdarah tetap dianggap bermanfaat.
Karena itu, Managemen Bosowa Taksi melakukan “fogging” (pengasapan) untuk mencegah risiko penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di pool Bosowa Taksi dijalan Daeng Tata Raya no 31 Makassar, Rabu (3/2) kemarin.

Head Business Development Bosowa Taksi, Wawan Purnawan mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meminimalisir penyebaran DBD. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu dengan menggalakkan peran satu rumah satu jumantik (juru pemantau jentik). Setiap warga di rumah harus melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk DBD. Cara ini dikenal dengan rumus 3M.

“Ingat, nyamuk aedes aegepti itu sukanya di air bersih. Untuk memutus mata rantai, intinya jangan bikin sarang nyamuk,” terangnya.

Fogging tersebut juga merupakan salah satu bentuk kegiatan Coorporate Social Responsibility (CSR) Bosowa Taksi. Kegiatan fogging tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial kepada kesehatan pegawai dan masyarakat sehingga diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini, tingkat penyebaran virus demam berdarah dapat dikurangi, dan pegawai terhindar dari penyakit yang berbahaya itu.


Tag
  • Bosowa Taksi
  •  
  • DBD
  •  
    div>