SELASA , 20 NOVEMBER 2018

Cegah Difteri, Dinkes Makassar Imunisasi 38.350 Anak

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Senin , 26 Maret 2018 16:15
Cegah Difteri, Dinkes Makassar Imunisasi 38.350 Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar melakukan langkah antisipasi dini terhadap penularan penyakit difteri dengan menggencarkan vaksin pencegahan. Foto: Suryadi/RakyatSulsel

MAKAASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar melakukan langkah antisipasi dini terhadap penularan penyakit difteri dengan menggencarkan vaksin pencegahan di seluruh Puskesmas Pembantu (Pustu).

Hal ini terlihat saat tim Dinkes Kota Makassar mengelar Imunisasi Difteri di SMP Negeri 8 Makassar, Senin (26/3/2018).

“Imunisasi ini digelar untuk mencegah penyebarang virus difteri yang banyak terjadi kepada anak-anak,” ungkap Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin.

Tak hanya itu, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di sekolah tingkat TK, SD dan SMP lingkup Kecamatan Manggala. Setelah itu, akan dilakukan di Kecamatan lain.

Menurut Naisyah, iminusasi ini merupakan program nasional yakni, sebagai upaya pencegahan penyakit difteri menyebar di Kota Makassar.

“Ini program Nasional, kita cegah dengan imunisasi difteri kepada anak-anak apalagikan difteri rawan terkena anak anak,” tuturnya.

Tak main main, keseriusan Dinkes Makassar bahkan akan mengimunisasi 38.350 anak usia 1-19 tahun, tingkatan PAUD hingga SMA di Wilayah Kecamatan Manggala Makassar.

Sepanjang tahun 2017, jumlah warga Kota Makassar yang negetif suspek difteri mencapai 10 orang. Oleh sebab itu Dinkes Makassar, pun lakukan antisipasi dengan rencanakan imunisasi difteri massal dengan target umur 1 tahun hingga 19 tahun untuk pelajar maupun yang putus sekolah.

“Imunisasi massal akan dilaksanakan secara bertahap, selama tiga kali. Ada 38.350 anak kami akan imunisasi di wilayah Kecamatan Manggala Makassar,” jelas Naisyah.

Imunisasi ini akan digelar tiga tahap, tahap pertama di gelar pada Senin 26-10 April 2018 dengan usia 1-5 tahun, tahap kedua akan digelar Kamis 26-3 Mei 2018 dan tahap terakhir akan di gelar 1-15 November 2018.

Untuk mengatasi 38.350 anak, Dinkes Makassar menurunkan 134 orang terdiri dari 33 tim kesehatan, baik dari Puskesmas maunpun dari Dinas Kesehatan Makassar.

Dinkes Makassar meminta masyarakat yang belum melakukan Difteri untuk mendatangi Puskesmas terdekat. (*)


div>