MINGGU , 20 JANUARI 2019

Cegah Kanker Serviks, Pokja IV PKK Parepare Gelar Pemeriksaan IVA

Reporter:

Niar

Editor:

Kamis , 10 Januari 2019 19:22
Cegah Kanker Serviks, Pokja IV PKK Parepare Gelar Pemeriksaan IVA

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pokja IV Kota Parepare menggelar deteksi dini Pencegahan Kanker Leher Rahim melalui Tes IVA (Visual Asam Asetat).

Kegiatan ini berlangsung di Kampung KB Kelurahan Lumpue Kecamatan Bacukiki Barat, Kamis, (10/1/2018).

Ketua Pokja IV Kota Parepare Bidang Kesehatan dan Kelestarian Lingkungan, dr. Renny Anggraeni Sari mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja PKK terutama Pokja IV yang melibatkan lintas sektor, yaitu Kecamatan Bacukiki Barat, Kelurahan Lumpue, BKKBN, Dinas Kesehatan, serta peran aktif masyarakat.

“kita melibatkan seluruh komponen yang ada di lingkungan masyarakat dan Dinas-dinas lintas sektor untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini ini, yang pada akhirnya bermanfaat kepada masyarakat itu sendiri, ” ujar Renny yang juga Plt Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare ini.

Menurut data yang ada sekarang ini, kata Renny, kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit yang memiliki prevalensi yang cukup tinggi di Indonesia dan sangat berbahaya.

“Olehnya itu, untuk mencegah penyakit tersebut, pihaknya melakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan IVA secara rutin,” ucapnya. (Yanti)


div>