RABU , 19 DESEMBER 2018

CEGAH KORUPSI MELALUI ANAK

Reporter:

rakyat-admin

Editor:

Rabu , 16 September 2015 14:53
CEGAH KORUPSI MELALUI ANAK

int

Oleh: Ema Sofyan
Aktivis Perempuan

Korupsi merupakan persoalan yang serius dan kejahatan yang berdampak meluas. Sistematis sehingga dibutuhkan upaya yang meluas dan juga sistematis, dengan cara membangun partisipasi masyarakat yang lebih luas, membangun gerakan bersama yang massif antara semua elemen masyarakat yang ada, termasuk elemen anak.

Upaya pelibatan anak sebagai suatu gerakkan transformatif yang memperjuangkan nilai-nilai Kejujuran, Kepedulian, Kemandirian, Keadilan, Tanggung Jawab, Kerja sama, Kesederhanaan, Keberanian dan Kedisiplinan untuk bergerak membangun tata kehidupan yang lebih baik dan damai. Kelompok anak perlu mengambil peran strategis dalam perjuangan melawan korupsi.

Berangkat dari fenomena tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui gerakan “Saya Perempuan Anti Korupsi” melihat bahwa pencegahan korupsi bukan semata-mata pada penindakan saja, namun melalui usaha preventif, diharapkan bahwa perilaku koruptif dapat dicegah sedini mungkin dan berbasis pada keluarga.

Sebagai wujud dari Komitmen KPK dalam Pemberantasan Korupsi maka KPK telah membuat beberapa media permainan edukatif yang dapat digunakan di lingkup keluarga, sekolah, dan lingkup terkecil lainnya di masyarakat.

Permainan edukatif tersebut diberi nama Permainan Arisan, MAJO (Lima Jodoh), PUT-PUT LK (Putar-putar Lawan Korupsi) yang diperuntukkan untuk kelompok perempuan dan Inovasi terakhir adalah SEMAI Anti Korupsi (Sembilan Nilai Anti Korupsi) yang didesain khusus untuk membelajarkan anak untuk lebih berintegritas dan mampu menjadi agen perubahan di lingkup keluarga dan negara.

Seperti namanya, SEMAI (Sembilan Nilai) merupakan permainan yang berisi 9 nilai anti korupsi, antara lain; Kejujuran, Kepedulian, Kemandirian, Keadilan, Tanggung Jawab, Kerja Sama, Kesederhanaan, Keberanian dan Kedisiplinan.

Dengan menggunakan permainan SEMAI ini diharapkan anak-anak yang telah mengikuti pelatihan SEMAI dapat berkontribusi dalam melakukan Pencegahan Korupsi sejak dini.

Pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2015, tepatnya tgl 18 Agustus 2015 para Agen SPAK memperkenalkan Permainan SEMAI kepada 1.370 anak–anak yang berasal dari 62 SD se Kota Makassar.

Hal ini menjadi penting bagi anak sebagai generasi pelanjut untuk membangun Indonesia yang bebas Korupsi, mengajari anak untuk menemu kenali perilaku koruptif yang terjadi baik di rumah tangga, sekolah maupun lingkungan sekitarnya, cegah Korupsi sejak dini melalui pendekatan sembilan nilai anti korupsi.

Semoga dengan pendidikan anti korupsi pada anak-anak, akan melahirkan generasi pemimpin yang tidak berperilaku koruptif, sehingga kita berharap tidak ada lagi Pemimpin di daerah yang didakwa sebagai koruptor.


Tag
  • voxpopuli
  •  
    div>