SELASA , 20 NOVEMBER 2018

Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Maros Gencar Sosialisasi

Reporter:

Muhammad Iqbal

Editor:

Iskanto

Minggu , 11 November 2018 09:36
Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Maros Gencar Sosialisasi

Bawaslu Maros gencar lakukan sosialisasi.

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Selain melakukan pengawasan pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros gencar melakukan sosialisasi. Hal itu sebagai bentuk pencegahan pelanggaran serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas.

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman menyampaikan, untuk sosialisasi tersebut kepesertaan diutamakan ke tingkat dusun, RW, serta kelompok masyarakat.

“Kalau sebelumnya itu yang menjadi peserta adalah jajaran tokoh masyarakat, kepala desa/lurah, tokoh agama di tingkat kecamatan, nah untuk kegiatan sosialisasi kali kita fokuskan ke dusun dan RW beserta kelompok-kelompok masyarakat di tingkat desa seperti Majelis Ta’lim, PKH dan kelompok pemuda di tingkat desa,” papar Firman, Minggu (11/11/2018).

Lebih lanjut, Sufirman mengatakan, pelibatan masyarakat pada tingkat dusun dan RW ini terdapat aturan dalam pasal 280 UU 7 Tahun 2017.

“Dusun dan RW yang kita libatkan dalam sosialisasi ini karena dalam pasal 280 UU 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum bukan hanya kepala desa yg dilarang terlibat dalam kampanye tetapi juga BPD dan perangkat desa, dimana dusun dan RW adalah pelaksana kewilayahan dalam perangkat desa,” tuturnya.

Selain itu, Sufirman menjelaskan, jika sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut pada dasarnya adalah untuk mengajak seluruh masyarakat untuk menolak dan melaporkan bilamana terdapat pelanggaran politik uang.

“Isi pokok dari sosialisasi ini, kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan melaporkan pelanggaran politik uang ke pihak pengawas pemilu,” tegasnya. (*)


div>