RABU , 24 OKTOBER 2018

Cegah Pengusaha Nakal, KPPU Perketat Pengawasan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 28 April 2016 20:07

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Guna mencegag pengusaha nakal, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia (RI) mengadakan sosialisasi Implementasi Peraturan KPPU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengawasan Pelaksanaan Kemitraan di Hotel Aryaduta Makassar, Kamis (28/4).

“Sosialisasi yang kita lakukan ini untuk mencega pengusaha nakal. Dan ini yang kedua kalinya. Jika pada sosialisasi pertama kita sosialisasikan langsung ke pelaku usaha kecil dan pengusaha besarnya, kali ini langsung ke regulatornya,” ujar Chandra Setiawan, Komisioner KPPU RI.

Chandra mengatakan, sosialisasi tentang implementasi peraturan ini dikhususkan kepada semua Dinas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) se-Sulsel.

Chandra menjelaskan, hal terpenting dari kemitraan adalah perjanjian antara pelaku UMKM dengan perusahaan mitra usahanya, apakah dalam perjanjian tersebut terdapat pasal yang merugikan pelaku UMKM sehingga dapat mengakibatkan praktek ‘abuse of bargaining position’ atau tidak.

Apabila dalam perjanjian tersebut terdapat pasal yang merugikan pelaku UMKM, maka KPPU akan menindaklanjutinya sesuai dengan Peraturan KPPU Nomor 1 Tahun 2015.

“Dinas UMKM di sini sebagai fasilitator dan regulator. Tetapi, kami di KPPU punya kewenangan dalam menindak pelaku usaha besar yang merugikan pelaku usaha mikro atau kecil,” katanya. (***)

 


div>