RABU , 26 SEPTEMBER 2018

China Bikin Gaji Oscar Geser Ronaldo dan Messi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 25 Desember 2016 14:34
China Bikin Gaji Oscar Geser Ronaldo dan Messi

Oscar. foto: afp

JAKARTA – Bursa transfer musim dingin di Eropa dan Asia jauh berbeda. Di kompetisi Benua Biru Eropa, transfer musim dingin dipakai klub hanya membelanjakan sedikit uang untuk mendapatkan pemain baru.

Di Benua Kuning?

Di Asia, bursa transfer musim dingin merupakan bursa transfer awal kompetisi. Artinya, klub-klub bakal jor-joran mendapatkan pemain bagus.

Klub-klub Eropa kini mulai mewaspadai kekuatan uang klub-klub Asia, terutama China.

Manajer Chelsea Antonio Conte mengaku, klub-klub China mulai bergerilya di bursa transfer. ”Pergerakan mereka tidak hanya membahayakan Chelsea. Namun juga klub-klub lain di dunia ini,” ujar Conte, seperti dilansir dari Daily Mail.

Tentu, yang dimaksud eks allenatore Juventus itu, merujuk kepada kekuatan uang yang China bawa.
Buku cek yang dibawa para pemilik klub Chinese Super League selalu berhasil membius para pemain terkenal untuk hijrah ke sana. Sebab, mereka berpotensi menjadi pemain yang memecahkan rekor dunia.

Nama terbaru yang akhirnya mencapai predikat itu adalah winger Chelsea, Oscar. Jumat (23/12) malam, The Blues, julukan Chelsea, seperti dikutip dari Daily Mail, menyetujui penjualan Oscar ke Shanghai SIPG dengan banderol GBP 60 juta (Rp987,38 miliar dengan kurs GBP 1= Rp16.456).

[NEXT-RASUL]

Tentu, bukan nominal transfer yang membuat publik dunia terkejut. Melainkan pendapatkan per pekan yang diterima pilar timnas Brasil tersebut.

Daily Mail menyebut, Oscar bakal mengantongi GBP 400 ribu (Rp6,58 miliar), yang membuatnya diganjar predikat sebagai pemain bergaji selangit.

Dia menggeser dua rival La Liga, Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Lionel Messi (Barcelona), yang selalu kukuh di posisi pertama dan kedua setidaknya dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir (selengkapnya lihat grafis).

Dia pun menyusul beberapa nama eks penggawa Chelsea, seperti Gael Kakuta (Hebei China Fortune), Ramires (Jiangsu Suning), maupun Demba Ba (Shanghai Shenhua).

Adapun selama empat musim memperkuat runner up Super League 2015 itu, dia bakal berkompatriot dengan rekan setimnya di Brasil, Hulk, dan dilatih oleh mantan pelatih Chelsea juga, Andre Villas-Boas.

”Chelsea dan Shanghai SIPG telah menjalin kesepatakan transfer permanen terhadap Oscar,” demikian pernyataan Chelsea dilansir dari Daily Mail. ”Kami berterima kasih atas pengabdiannya yang menakjubkan, dan mendoakannya sukses di masa depan,” lanjut klub asal London Barat itu.

Oscar sendiri, setelah memastikan diri menjadi bagian dari Elang Merah, sebutan SIPG, langsung memposting jersey barunya yang berwarna merah maroon di akun Instagram-nya.

[NEXT-RASUL]

Tak lupa, eks pemain Internacional itu, memberikan salam perpisahan kepada seluruh pendukung Chelsea. ”Bersama kalian (fans), aku telah meraih berbagai gelar berharga. Kalian bakal mendapat tempat spesial di hatiku,” ujar Oscar dalam testimoni seremonialnya.

Proses perpindahan Oscar pun tak pelak memantik komentar dari tactician Liverpool, Juergen Klopp. Pelatih asal Jerman itu tak habis pikir dengan keputusan Oscar berpindah ke Negeri Panda. Sebab, meski bukan lagi pilihan pertama Chelsea, usia Oscar masih 25 tahun.

Artinya pemain bertinggi 179 cm tersebut masih berada di puncak performa, dan bisa menembus klub-klub papan atas di Benua Biru.

”Jujur saja, sebenarnya mereka bisa memiliki banyak pilihan alih-alih menerima pinangan Tiongkok,” keluh Klopp sebagaimana dikutip dari Daily Star.

Namun, lanjut der trainer Borussia Dortmund itu, uang benar-benar memegang peranan penting dalam karir Oscar. ”Aku kira bagi generasi Oscar, uang bukan lagi masalah,” tuturnya. ”Jadi yah, aku harap mereka bisa berbahagia disana,” lanjut Klopp kembali.

Nah, kekuatan finansial Tiongkok diprediksi bakal makin deras sepanjang musim dingin ini. Malah, status Oscar sebagai pemain bergaji termahal dunia terancam bertahan beberapa pekan saja.

Itu jika rencana Shanghai Shenhua untuk mendatangkan bomber Boca Juniors, Carlos Tevez, terwujud. ESPN melaporkan, nantinya, pemain dengan julukan El Apache tersebut bakal digaji GBP 615 ribu (Rp 10,12 miliar) setiap minggunya.

”Sulit untuk meminta Carlos tidak pergi dari klub ini,” keluh Presiden Boca, Daniel Angelici, dalam wawancaranya dengan Radio La Red. ”Sebagai fans dan presiden klub, tentu aku menginginkannya bertahan. Namun, ketika dia melihat tawaran di Tiongkok sangat kuat, mustahil rasanya dia bakal menolak,” lanjutnya. (jpnn)

Gaji Selangit

[NEXT-RASUL]

Oscar
Klub: Shanghai SIPG
Gaji Per Pekan: GBP 400 ribu (Rp 6,58 miliar)*

Cristiano Ronaldo
Klub: Real Madrid
Gaji Per Pekan: GBP 365 ribu (Rp 6,01 miliar)**

Lionel Messi
Klub: Barcelona
Gaji Per Pekan: GBP 350 ribu (Rp 5,75 miliar)**

Gareth Bale
Klub: Real Madrid
Gaji Per Pekan: GBP 320 ribu (Rp 5,26 miliar)**

Hulk
Klub: Shanghai SIPG
Gaji Per Pekan: GBP 320 ribu (Rp 5,26 miliar)

Paul Pogba
Klub: Manchester United
Gaji Per Pekan: GBP 290 ribu (Rp 4,77 miliar)

Graziano Pelle
Klub: Shandong Luneng Taishan
Gaji Per Pekan: GBP 260 ribu (Rp 4,27 miliar)

[NEXT-RASUL]

Robin van Persie
Klub: Fenerbahce
Gaji Per Pekan: GBP 240 ribu (Rp 3,94 miliar)

Yaya Toure
Klub: Manchester City
Gaji Per Pekan: GBP 230 ribu (Rp 3,78 miliar)

Asamoah Gyan
Klub: Shanghai SIPG
Gaji Per Pekan: GBP 227 ribu (Rp 3,73 miliar)

Ezequiel Lavezzi
Klub: Hebei China Fortune
Gaji Per Pekan: GBP 222 ribu (Rp 3,65 miliar)

Keterangan: *) Perkiraan; **) Setelah dikurangi pajak di Spanyol
Sumber:Total Sportek, Daily Mirror


div>