SELASA , 16 OKTOBER 2018

Cukup Perlihatkan Buku Nikah, Akta kelahiran Langsung Dilayani

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 10 Januari 2016 19:28

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Pengurusan akta kelahiran anak, kini semakin mudah di Parepare. Tak perlu memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) atau jenis kartu pengenal lainnya, cukup perlihatkan buku nikah bagi Islam atau akta nikah (non Islam) kepada petugas yang telah ditugaskan di masing-masing Puskesmas, maka akta kelahiran langsung dicetak di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan pada hari yang sama petugas Disdukcapil kembali mengantar akta kelahiran tersebut kepada warga di puskesmas tersebut.

“Kalau datanya sudah lengkap diinput oleh petugas di Puskesmas, termasuk nama anak, maka pada hari itu juga petugas akan membawakan akta kelahiran Si Bayi di Puskesmas tempat ibu melahirkan. Kecuali jika laporannya baru masuk sore hari, maka akta kelahiran dapat diperoleh keesokan harinya,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Parepare, Amran Ambar via telepon, Minggu (10/01).

Menurut Amran, hingga saat ini, pihaknya telah menerbitkan akta kelahiran yang diantar langsung ke Puskesmas sebanyak ribuan akta kelahiran. “Khusus untuk akta kelahiran tanpa nama Bapaknya itu sudah diterbitkan sekitar 1.328 buah,” katanya. Lanjut Amran, untuk akta kelahiran yang tidak menyebutkan nama ayah dari si Bayi karena orang tua bayi tersebut tak memiliki akta nikah bagi yang beragama Islam, dan akta nikah bagi non Islam.

“Ini sesuai dengan Undang-undang No. 24 tahun 2013,” papar mantan Kadisperindagkop UKM Parepare ini.

Ia juga memaparkan dalam waktu dekat, pihaknya akan melaunching sistem online dan sms centre untuk memberikan pelayanan dan informasi berbasis IT kepada masyarakat, sehingga pelayanan kependudukan akan dirasakan lebih cepat oleh masyarakat Parepare.


div>