• Rabu, 26 November 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Curah Hujan Di Makassar Masih Rendah

Senin , 05 November 2012 10:09
Total Pembaca : 544 Views
ilustrasi

Baca juga

MAKASSAR – Sepekan terakhir, Kota Makassar muali diguyur hujan sebagai pertanda musim penghujan tahun ini tiba. Kabid Pelayanan Jasa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (GMKG) wilayah IV Makassar, Sujarwo, Sabtu (3/11) menjelaskan, jika saat ini memang sudah masuk musim hujan.

“Paling kurang, setiap hari akan ada hujan, namun dengan curah hujan yang masih kecil,” katanya .

Diungkapkan curah hujan yang masih rendah saat ini dengan kedalaman 5-10 milimeter (mm) dan puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Januari 2013 dengan curah hujan mencapai 200 mm.

Ketika ditanyai akankah berpotensi menciptakan banjir, Sujarwo mengiyakan, “Saat ini curah hujan masih 5-10 millimeter, tapi di bulan Januari akan mencapai 200mm. Jadi perlahan peningkatannya akan bertambah,” katanya.

Terkait hal itu, Sujarwo mengingatkan kepada masyarakat dan pemerintah Kota Makassar agar mengantisipasi sejak dini potensi banjir yang akan terjadi.

Sebab, baginya potensi banjir tidak bisa dipandang enteng, terutama juga dikarenakan Maksasar Kurang memilki daerah resapan, juga karena sampah yang bertumpuk di saluran air, dan dranaise. “Masyarakat harus bersiap dari sekarang untuk mengantisipasi banjir,” imbuhnya.

Sementara itu Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar mulai membenahi drainase untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan, karena di sejumlah titik terdapat drainase yang membutuhkan perbaikan.

Pelaksana Bangunan Air, Dinas PU Kota Makassar, Haeruddin menjelaskan di Makassar terdapat 13 titik yang sedimentasinya cukup tinggi, sementara resapan air sangat rendah. “Dari 13 titik tersebut di antaranya berada di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Sungai Pareman, Jalan Gunung Latimojong, Jalan Sulawesi dan kawasan Minasa Upa,” terangnya. (RS11/her/C)