MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Daerah ini Punya Seratusan Potensi Wisata, Baru 5 yang Digarap

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 06 Januari 2016 15:39

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Potensi Pariwisata di Kabupaten Luwu Utara cukup memadai, walaupun dari sisi infrastruktur belum ditunjang dengan baik. Sehingga menurut Kepala Seksi Pariwisata, Hamdan Jaya, potensi tersebut harus dikembangkan sebagai salah satu penunjang menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Luwu Utara.

“Dari data yang ada di Dinas Pemuda Kebudayaan dan Pariwisata, potensi pariwisata di Kabupaten Luwu Utara cukup Memadai. Lebih dari seratusan potensi yang ada. Namun yang dikelola baru ada 5 tempat,” beber Hamdan Jaya, saat diskusi pariwisata di warkop Bandara Masamba, (6/1).

Hanya saja, menurut Kepala Seksi Pariwisata ini, memang diperlukan terobosan besar untuk menjadikan objek wisata tersebut diminati oleh masyarakat dan wisatawan. Karena selama ini pengelolaannya masih sangat terbatas. Karena anggaran kita masih sangat minim,” ungkapnya.

Arah kebijakan pemerintah 2 tahun terakhir telah mencanangkan untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Luwu Utara. Apalagi setelah melihat dari Visi Misi yang dicanangkan oleh Bupati Terpilih, termasuk didalamnya akan mengembangkan Pariwisata Luwu Utara.

“Di tahun 2014 telah dibuat master plan untuk perencanaan kawasan pariwisata itu. Dan di tahun 2015 juga telah dibuat site plan untuk objek pariwisata Permandian Air Panas Pincara Kecamatan Masamba,” jelasnya.

Namun, kata Andang Sapaan akrabnya, untuk mewujudkan rencana tersebut, diperlukan memang komitmen serta penganggaran yang cukup. Apalagi hampir keseluruhan objek wisata yang ada arealnya masih kepemilikan masyarakat.

“Saya masih sangat yakin jika objek -objek wisata yang ada di Luwu Utara ini dikelola dengan baik. Para wisatawan baik lokal maupun manca negara akan berkunjung ke sini. Bahkan Luwu Utara kedepan bukan lagi menjadi daerah persinggahan, akan tetapi menjadi tujuan Wisata,” tutup Andang saat diskusi.


div>