JUMAT , 25 MEI 2018

Daftar BPJS Kini Bisa Lewat Telepon

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 15 Mei 2017 17:54
Daftar BPJS Kini Bisa Lewat Telepon

Suasana saat konferensi pers virtual service dan kanal pendaftaran di kantor BPS Kesehatan, Jl AP Pettarani, Senin (15/5). Foto : Any/ RakyatSulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kini memperluas kanal pendaftaran, salah satunya melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Kepala KCU BPJS Cabang Makassar, Unting Patri Wicaksono mengatakan, kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan. Cukup dengan telepon ke 1500-400, calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau Virtual Service.

Unting menjelaskan, lebih lanjut, hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via Care Center 1500400 antara lain beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas.

“Seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor rekening tabungan, Nomor handphone, alamat empat tinggal (untuk pengiriman kartu) dan alamat email,” jelas Unting di Kantornya, Jl AP Pettarani, Senin (15/5).

Setelah syarat diatas siap, lanjut Unting, calon peserta bisa menghubungi Care Center 1500400 dan peserta akan dilayani oleh agent care centre. Rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan agent akan menjadi bukti pendaftaran.
Lebih lanjut, kata Unting, setelah agent care centre menyatakan pendaftaran via telepon selesai, nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta.

“Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untukmembayar iuran pertama yang
harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling larna 30 hari setelah VA diterbitkan,” ungkapnya.

Selain pendaftaran melalui Care Center, saat ini pihaknya juga mengembangkan pendaftaran melalui sistem dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan dan Kantor Kecamatan di Makassar.
Pihaknya berharap, dengan penambahan kanal-kanal pendaftaran tersebut, dapat menekan sekitar 50 persen angka kunjungan (antrian) di KCU Makassar.


div>