KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Daftar Caleg DPR RI, Deng Ical Bakal Mundur Jadi Wawali

Reporter:

Alief

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 07 Juli 2018 14:00
Daftar Caleg DPR RI, Deng Ical Bakal Mundur Jadi Wawali

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) dengan sistem informasi pencalonan (silon) untuk pemilihan umum atau pemilu 2019.

Sejumlah parpol di Sulsel, disebut-sebut bakal menggaet figur berpengaruh sebagai caleg DPR RI, demi target raihan suara sebanyak mungkin di Pileg 2019 mendatang. Figur yang digaet pun umumnya mempunyai jabatan strategis baik di eksekutif maupun di legislatif.

Di Makassar, salah satu figur yang digadang-gadang akan ikut bertarung di Dapil Sulsel 1 untuk menjadi wakil rakyat di parlemen pusat, yakni Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal.

Pria yang akrab disapa Deng Ical ini, mengaku telah mempersiapkan dirinya untuk ikut bertarung menjadi anggota DPR RI di Pileg 2019 nanti, mengendarai partai Golkar.

“Kalau rencana maju adami, cuma belum ditahu teknisnya, baru cari-cari info. Teman-teman KPU juga masih disibukkan urusan Pilgub dan Pilwali. Mudah-mudahan minggu depan memungkinkan mi,” ujar Deng Ical, Jumat (6/7) kemarin.

Terkait persiapannya menuju senayan, Deng Ical mengatakan, hingga saat ini dirinya masih fokus menuntaskan tugasnya Golkar, pasca Pilgub Sulsel dan Pilwalkot Makassar.

“Belum ada persiapan khusus. Masih sibuk pembenahan dan evaluasi Pilgub dan Pilwali. Tapi sudah ada sejumlah berkas yang disiapkan. Termasuk mencari info proses pendaftaran bacaleg DPR RI,” akunya.

Dengan demikian, Deng Ical yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Makassar, dipastikan akan mundur dari jabatan tersebut, jika dirinya akan maju di Pileg nanti.

Pasalnya proses pengajuan daftar caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota mulai dibuka 4-17 Juli 2018. Ditambah lagi berdasarkan aturan yang ada, menyebutkan bagi gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota yang ingin maju, wajib menyertakan surat pengajuan pengunduran diri.

Sebelumnya, Ketua OKK DPD I Golkar Sulsel, Risman Pasigai mengatakan, sejumlah kader Golkar mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Anggota DPR RI yang akan bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Nama-nama yang sudah ikut orientasi pasti. Begitu juga beberapa nama setingkat kepala daerah yang tak maju di pilkada,” ujarnya belum lama ini.

Khusus di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I, sejumlah kader yang tercatat sebagai bakal calon diantaranya, anggota DPR RI Hamkah B Kadi, Ketua DPRD Kota Makassar Farouk M Betta, Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI, Anggota DPRD Sulsel Hoist Bahtiar, serta istri mantan Gubernur Sulsel Amin Syam, Apiati Amin Syam dan Burhanuddin Andi.

Selain itu, ada juga Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel, Risman Pasigai, Anggota DPR RI Ulla Nuhrawati, Abbas Hadi, Ernawati Tahang, Mustafa, serta Hakim Kamaruddin.

“Nama tersebut, telah diserahkan Golkar Sulsel ke DPP Partai Golkar, untuk ditetapkan sebagai Daftar Caleg Sementara (DCS). Nantikan akan disaring menjadi delapan calon legislatif,” ucapnya.(*)


div>