RABU , 22 AGUSTUS 2018

DAK Dipotong, Belanja Kegiatan Dikocok Ulang

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 27 April 2016 15:42

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba memasatikan akan meninjau ulang rencana belanja kegiatan dan program yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016. Belanja kegiatan dan program yang sebelumnya sudah direncanakan, akan dikocok ulang. Rencana tersebut diambil berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No 10 Tahun 2016 Tentang Pengurangan DAK.

Kepala Bidang Anggaran Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Bulukumba, Muhammad Rivai, kepada wartawan mengatakan akibat dari pengurangan DAK 10 persen, maka, DAK Bulukumba yang dipotong sebesar Rp19 miliar dari Rp190 miliar DAK. Pemotongan DAK 10 persen bukan hanya untuk Bulukumba, namun, kata Rivai, keputusan tersebut berlaku diseluruh Indonesia.

Pemotongan DAK 10 persen, jelas berpengaruh kepada program dan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya. Pemkab Bulukumba memastikan akan melakukan kocok ulang terhadap kegiatan dan program. Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, memastikan akan menyusun kembali program dan kegiatan yang anggarannya dibiayai DAK.

Bupati Andi Sukri Sappewali, mengakui DAK Bulukumba yang dipotong mencapai Rp19 miliar. Karenanya, kocok ulang terhadap program dan kegiatan yang pembiyaannya bersumber dari DAK, sangat penting.


div>