RABU , 19 DESEMBER 2018

Damkar Latih Balakar Penanggulanan Dini Kebakaran

Reporter:

doelbeckz

Editor:

Rabu , 07 Desember 2016 11:26
Damkar Latih Balakar Penanggulanan Dini Kebakaran

Petugas keamanan padamkan api saat simulasi di Lapangan Parkir Mal GTC Makassar, Selasa (6/12). Simulasi dilakukan guna meningkatkan keterampilan penanganan kebakaran Bahan-Bahan Berbahaya (B3) dan Pemadaman di perkampungan padat penduduk. foto: muhaimin/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Guna meminimalisir musibah kebakaran di Kota Makassar, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar menggelar latihan Gabungan Operasi Pemadam Kebakaran bersama Bantuan Laskar Kebakaran (Balakar) di Lapangan Parkir Mal GTC Makassar, Jl Danau Tanjung Bunga, Makassar, Selasa (6/12).

Kepala Bagian (Kabag) Operasi Dinas Damkar Makassar, Bahtiar, mengatakan, pihaknya merekrut Balakar ini sejak tahun 2014. Mereka telah diberi pelatihan penanggulangan dini bencana kebakaran.

Salah satu pelatihan bentuknya berupa latihan gabungan dengan model simulasi.

“Balakar ini sudah kami rekrut sejak 2014 lalu. Latgab kita gelar untuk mengevaluasi hasil pelatihan Balakar selama ini mengenai teori dan praktek penanggulangan kebakaran yang telah diberikan,” ungkapnya diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (7/12).

Mengingat pentingnya tugas Balakar dalam penanggulangan kebakaran dini, Bachtiar juga menyampaikan bahwa simulasi seperti ini telah menjadi agenda rutin dan diprogramkan oleh Disdamkar Makassar.

“Kita agendakan minimal sekali setahun latihan gabungan seperti ini,” tegasnya.

Kepala Dinas Damkar Makassar, Imran Samad, mengatakan, latihan gabungan ini digelar guna mengintensifkan kerja sama antara Dinas Damkar Kota Makasssar dengan Balakar.

“Balakar bertugas melakukan penanggulangan dini bencana kebakaran, agar api tidak cepat merambat, kemudian menghubungi Disdamkar. Balakar juga bertugas untuk mengsterilkan akses mobil pemadam kebakaran menuju lokasi,” bebernya.

Menurut Imran, biasanya akses jalan dipenuhi oleh kendaraan dan masyarakat yang ingin menyaksikan bencana kebakaran.

“Jadi Balakar kita bentuk untuk mengambil peran di lokasi kebakaran, sampai personil pemadam kebakaran tiba,” jelasnya. (***)


div>