RABU , 21 NOVEMBER 2018

Dana Bumdes di Barru Disoal Warga

Reporter:

Andi Amril

Editor:

Lukman

Rabu , 06 Juni 2018 22:40
Dana Bumdes di Barru Disoal Warga

Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Barru

BARRU,RAKYATSULSEL.COM – Mekanisme penyaluran dana badan usaha desa (bumdes) di soal warga Desa Batupute Kecamatan Soppeng Riaja dan warga Desa Cilellang Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru.

Berdasarkan fungsi dan kegunaan dari Badan Usaha Desa tersebut‎ diperuntukkan bagi masyarakat guna menumbuhkan dan meningkatkan usaha yang berujung kepada kesejahteraan masyarakat Desa.

Kendati demikian Idrus (47) warga Desa Batupute‎ Kecamatan Soppeng Riaja ditemui Rabu (6/6), di kantor Desa Batupute tetap mempersoalkan dana bumdes Desa Batupute.

Alasannya, penyaluran dan peruntukan dana bumdes tidak transparan. “Saya pernah diberitahu pihak desa bahwa akan ada dana bergulir berupa simpan pinjam untuk warga ‎melalui Bumdes Batupute sebesar Rp 1 juta per usaha warga,” kata Idrus.

“Tetapi kenyataannya sudah ada pergantian kepala desa kok dana yang dijanjikan tidak digelontorkan ke warga, jelas kami pertanyakan diapakan dana bumdes itu,” terang Idrus.

‎Senada dengan Idrus, warga Desa Cilellang, Abdul Majid ditemui terpisah mempertanyakan hal yang sama.

“Berkas permohonan bantuan dana usaha saya masukkan ke pihak Bumdes Desa Cilellang, sejak 2 bulan lalu atas nama istri saya, tetapi tidak ada respon dari pihak Bumdes, ini jelas menimbulkan tanda tanya, minimal ada informasi balik, sebab data-data usaha kami sudah kami masukkan,” ungkap Abdul Majid.

Sementara itu Kepala Desa Batupute, Sudarmin A yang dikonfirmasi terkait hal ini mengaku jika saat in program tersebut sudah berjalan berupa program simpan pi‎njam.

“Itu pun dipinjamkan kepada masyarakat yang punya usaha dengan besaran Rp 1 juta per usaha, dan akan dinaikkan sampai Rp2 juta jika terjadi peningkatan usaha dan lancar,” jelas Sudarmin.

“Alokasi dana Bumdes untuk tahun 2018 Desa Batupute sebesar Rp 130 juta, yang didalamnya terdiri dari beberapa item kegiatan,” terangnya. (*)


div>