SENIN , 18 DESEMBER 2017

Danny : Bank Sampah, Salah Satu Solusi Berantas Kemiskinan

Reporter:

Editor:

Rasmi

Kamis , 26 Oktober 2017 19:51
Danny : Bank Sampah, Salah Satu Solusi Berantas Kemiskinan

Bank Sampah. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim Koordinasi Penanggulangan Harapan Kemiskinan Daerah Kota Makassar  menyelenggarakan rapat koordinasi kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan serta pengendalian pelaksanaan program di Ruang Rapat Sipakatau Balaikota Makassar, Kamis (26/10/17).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan potret atau gambaran kondisi masyarakat Kota Makassar agar mengetahui sasaran program secara jelas.

“Diharapkan dari tim benar-benar ada kerja nyata, tidak hanya sekedar nama, untuk membantu mengentaskan kemiskinan. Sebab, ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Sebagai manusia kita akan memiliki nilai tambah apabila dapat berdaya guna menolong sesama,” ucap Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, Wali Kota Makassar yang membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Kata Danny, kemiskinan jangan dilakukan biasa saja akan tetapi harus luar biasa karena tanpa luar biasa maka itu bukan suatu upaya akselerasi menuju percepatan penanggulangan kemiskinan.

Akselerasi (percepatan) dengan suatu alur pikir tersistematis, terencana, mempunyai target anggeitman dengan menghasilkan out put yang baik.

Selain itu juga ditegaskan, pertemuan tersebut selain mereview implementasi program tetapi diharapkan juga dapat merancang program yang menghasilkan sesuatu untuk menjadi proses pembelajaran bagi daerah lain. Out put tersebut yaitu harus ada new model artinya ada segmen program yang berbeda dari setiap daerah.

“Kemiskinan merupakan fokus kami di Pemerintahan Kota Makassar. Banyak variabel yang sebenarnya tak terlihat tapi sangat membantu menurunkan angka kemiskinan seperti Bulo, Bank Sampah,” ucapnya.

Standar pendapatan yang dikategorikan miskin di Kota Makassar yaitu senilai Rp 300an ribu perbulan. Sementara di tingkat nasional Rp1 juta perbulan.

“Nah, kalau kita lihat rata-rata pendapatan masyarakat dari Bank Sampah itu rata-rata  lebih dari Rp1 juta. Ini suatu kebanggaan kami karena dari program itu kita bisa menekan angka kemiskinan meskipun baru nol koma sekian yang bisa ditekan,” ungkap Danny.

Meskipun demikian, Danny menghimbau agar rapat kordinasi ini bisa menghasilkan formula-formula baru untuk mengetaskan kemiskinan.

Inovatif salah satu upaya khusus sehingga mempunyai spesifikasi daerah yang dapat ditonjolkan. Langkah-langkah konkrit, adanya tahapan-tahapan yang harus disepakati dan dilakukan secara bersama oleh pemerintah dan masyarakat dan juga mekanisme pendataaan (up dating data) yang akurat. (*)

 


Tag
  • dannypomanto
  •  
    div>