SENIN , 10 DESEMBER 2018

Danny Janji Tuntaskan Relokasi Pasar Sentral Usai Pilkada

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 20 Juni 2018 10:35
Danny Janji Tuntaskan Relokasi Pasar Sentral Usai Pilkada

Walikota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto (Foto: ist)

*PKL Akan Ditempatkan Sementara di Blok B

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Polemik relokasi pedagang Pasar Sentral mulai menemui titik terang. Hal tersebut ditegaskan Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, yang memastikan bahwa dirinya akan segera menuntaskan polemik relokasi pedagang Pasar Sentral usai perhelatan Pilkada.

Selain itu, Danny juga menyampaikan jika, persoalan Pasar Sentral saat ini sudah dilaporkan kepada Wakil Presiden, Jusuf Kalla, saat menghadiri open house akhir pekan lalu. Olehnya itu pihaknya pun siap melaksanakan relokasi tersebut.

“Saya akan segera benahi itu, saya juga sudah lapor beliau (Jusuf Kalla), sebenarnya sebelum saya cuti, persoalan itu sudah disepakati oleh semua pihak cuman saya keburu cuti, habis Pilkada kita tuntaskan,” ucap Danny Pomanto, Selasa (19/6) kemarin.

Sebelum itu, lanjut Danny, dirinya bersama SKPD terkait akan mengunjungi New Makassar Mall untuk melihat dan mendengar aspirasi para pedagang baik yang sudah masuk maupun yang sudah ada dalam Pasar Sentral.

“21 Juni saya akan jalan ke Makassar Mall untuk segera benahi itu, pasca Pilkada segera kita selesaikan. Yang jelas pada prinsipnya, kita ingin bagaimana masuk semua,” ucap Danny.

Menurut Danny, permasalahan relokasi pedagang Pasar Sentral seharusnya sudah selesai saat dirinya mengambil cuti, namun hal itu di luar harapannya. Pasalnya Plt Walikota, Syamsu Rizal MI, mengambil alih dan mengatakan sudah selesai, namun malah bertambah masalah.

“Saya pikir kemarin, Plt bilang sudah selesai, saya kaget karena saya bisa senang-senang padahal tidak ada yang selesai,” ucap Danny.

Ia menjelaskan bahwa, dirinya memberikan opsi kepada PKL untuk menempati sementara blok B. Setelah dibangun New Makassar Mall, baru dibangunkan ruko dan basement di Blok B untuk PKL.

Terkait rencana penempatan PKL di Lantai 5 New Makassar Mall, Danny menilai jika hal tersebut tidak masuk akal. Pasalnya PKL yang berjualan dilantai 5 menjual eceran sementara dilantai dasar merupakan pedagang grosir.

“Begini logikanya, bagaimana pedagang eceran dikasi naik dilantai 5 sementara grosir dibawah, kapan lakunya itu eceran, itu sama dengan bunuh orang. Kita akan atur ulang dan berikan kebijakan baru, terutama blok B, blok B itu otoritas Pemkot bukan pemilik ruko,” tambahnya.

Terpisah, Dirut PD Pasar, Nuryanto G Liwang menuturkan, relokasi ke New Makassar Mall itu akan memberikan manfaat ke Pasar Sentral karena akan ada perbaikan jalan dan pihaknya sudah berkomunikasi dengan para pedagang.

“Insya allah ada instruksi untuk komunikasi pemindahan pedagang untuk perbaikan jalan, kita laksanakan,” ucapnya.

Relokasi pun siap diterima. Bagi pedagang kaki lima, sudah ada tempatnya di Blok B. “Saya sisa koordinasikan kembali ke pedagang kalau sudah ada perintahnya Pak Wali,” kata dia.

Bagi pedagang resmi, menurut dia, pengembang mestinya memberi ruang ke mereka. “Beri waktu tiga sampai enam bulan mengurus administrasi kepemilikannya,” tutup Nuryanto. (*)


div>