JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Danny Klaim USBK Berjalan Lancar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 18 April 2017 11:59
Danny Klaim USBK Berjalan Lancar

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memantau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Athirah, Jl Kajolalido, Makassar, beberapa waktu lalu. foto: asep/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto memantau Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Athirah, Jl Kajaolalido, Makassar, Senin (17/4).

Danny, sapaan wali kota didampingi Kepala Dinas Pendidikan Makassar Ismunandar, Kepala Dinas Sosial Mukhtar Tahir, dan Camat Ujung Pandang Andi Zulkifli Nanda.

Saat berada di SMP Athirah, peserta ujian tengah mengerjakan soal-soal ujian Pendidikan Agama Islam berbasis komputer. Setiap peserta ujian mengerjakan soal yang berbeda sehingga peluang bertukar jawaban ataupun mendapatkan kunci jawaban sangat kecil.

“Persiapan sekolah menghadapi USBK sudah baik, kita apresiasi 100 persen. Tingkat kejujurannya juga sangat tinggi dengan sistem yang ada,” kata wali kota diberitakan Rakyat Sulsel, Selasa (18/4).

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan USBK hari pertama di SMP milik yayasan Jusuf Kalla ini tampak tertib dan lancar. Peserta yang tengah mengerjakan soal-soal ujian di layar komputer terlihat tenang.

Menurut Danny, pelaksanaan ujian hari pertama ini sudah berjalan tertib dari sisi siswa dan pengawasannya, terlihat dari semua peserta berkonsentrasi pada pertanyaan yang tampil di layar komputer masing-masing peserta.

“Semua sekolah di Makassar mengalami perubahan dan peningkatan, karena USBK. Ini memberikan nilai positif bagi dunia pendidikan di Kota Makassar,” ujar Danny.

[NEXT-RASUL]

Sementara, Ketua IKA SMP Islam Athirah Makassar, Mukhtar Thahir mengungkapkan jika penerapan USBK di Athirah ini merupakan percontohan dan dijadikan standar bagi sekolah-sekolah yang ada di Makassar.

“Sekolah Islam Athirah Makassar sebagai percontohan, bagaimana membuat suatu soal akurat dapat dipahami dan dijalankan di siswa memenuhi standar dunia pendidikan kita,” pungkas Kadis Sosial Mukhtar Thahir.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar juga mengungkapkan bahwa di tahun 2017, ada 255 SMP dan MTS di Makassar menjalani USBN. 215 diantaranya sekolah negeri dan swasta, serta 40 MTS (Madrasah Tsanawiyah).

“Kalau total siswa sebanyak 23.155 pelajar se-Makassar yang mengikuti USBN 2017 secara serentak hari ini,” ungkapnya. (***)

 


div>