SELASA , 17 JULI 2018

Danny Tegur Kadishub Soal Kemacetan

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 11 Juli 2018 12:30
Danny Tegur Kadishub Soal Kemacetan

Danny Pomanto, foto: mdfajar/rakyatsulsel

– Penanganan Kemacetan Dinilai Tidak Efektif

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Permasalahan kemacetan seperti tidak ada habisnya. Terbukti hingga kini kemacetan yang terjadi di beberapa titik terus meningkat. Dinas Perhubungan (Dishub) bahkan dinilai tidak efektif dalam mengentaskan persoalan kemacetan yang ada di Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, sudah memberikan teguran kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait persoalan kemacetan, termasuk Dinas Perhubungan Kota Makassar selaku leading sektor.

“Saya sudah berikan beberapa konsep, tanya Dishub biar mereka juga tanggung jawab,” cetus Danny, sapaan Moh Ramdhan Pomanto.

Danny mengatakan, pihaknya sudah memberikan masukan untuk penanganan macet, seperti penataan parkir dan pemberian Bawah Kendali Operasi (BKO) personel Dinas Perhubungan ke setiap kemacetan, namun hingga kini belum terealisasi.

“Sekarang ini dinasku saya ingin perkuat,” singkatnya.

Sementara, Kepala Dishub Kota Makassar, Mario Said, mengatakan, beberapa minggu terakhir pihaknya intens melakukan pengawasan dan juga penindakan berupa penggembokan kendaraan yang parkir disembarang tempat.

“Kita sudah bertindak beberapa hari ini. Selain itu, kita juga telah berkoordinasi dengan Polrestabes Makassar (Kepolisian) untuk penanganan kemacetan di titik rawan macet, seperti di Toko Satu Sama (Jl Andi Djemma) dan Warkop Azzahra di Jl Bandang,” katanya

Mario mengatakan, khusus Warkop Azzahra pihaknya telah menegur dan mengimbau pemilik dan Juru Parkir (Jukir) yang berada di Warkop Azzahra, dimana wilayah tersebut kerap menimbulkan kemacetan parah lantaran memarkir kendaraan hingga badan jalan.

“Permasalahn baru (kemacetan) itu di Warkop Azzahra, anggota saya sudah kesana untuk menyampaikan ke jukir. Karena masalah macet itu dari jukir kalau jukirnya tertib pasti tidak terjadi macet,” ujarnya

Mario menjelaskan, pihaknya juga telah menyampaikan ke Direktur Utama (Dirut) PD Parkir, Irianto Ahmad untuk memberikan pembinaan dan pengawasan kepada semua jukir di bawah naungan PD Parkir. Keluhan kemacetan tidak hanya dari masyarakat umum, tapi juga datang dari pihak Kepolisian.

“Beliau (Dirut PD Parkir) juga sudah menyampaikan akan turun langsung mengawasi jukir di bawah,” jelasnya.

“Kalau di Azzahra itu tidak memiliki izin Amdal Lalin. Nanti saya akan cek kembali Warkop Azzahra, karena banyak syarat yang harus dipenuhi untuk izin Amdal lalin,” tambahnya.

Diketahui, Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar mengerahkan sekira 285 personel yang dibagi sepuluh pleton di beberapa titik untuk mengurai kemacetan yang terjadi. Seperti di Jl Penghibur (wilayah Anjungan Pantai Losari), Jl Andi Djemma (ex Jl Landak) depan Toko Satu Sama, dan Jl Pengayoman depan Toko Alaska. (*)


div>