SENIN , 10 DESEMBER 2018

Danrem 142 Dampingi Mentan Panen Dan Sergap

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 04 April 2016 18:00
Danrem 142 Dampingi Mentan Panen Dan Sergap

int

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Acara panen dan serap gabah petani (sergap) dilakukan dan dipimpin langsung oleh Menteri pertanian, Dr Amran Sulaiman sebagai upaya antisipasi anjloknya harga gabah di tingkat petani saat panen raya. Di lain pihak juga tidak diinginkan juga lonjakan harga di tingkat konsumen dengan upaya distribusi pasokan yang stabil di tiap wilayah.

Untuk itu kementerian pertanian, TNI, pemda dan bulog bekerja sama menggerakkan aparat, penyuluh dan petani di lapangan untuk menyukseskan target pemerintah swasembada padi, jagung, kedelai pada tahun 2019.

Dalam kegiatan panen, sergap yang dilaksanakan di kelurahan Bontolangkasa, kec. Minasatene, Pangkep. Senin (4/4) merupakan tindak lanjut kegiatan di kab. Takalar. Dimana ada 5 kab. Di antaranya: kab. Pangkep, wajo, bone (khusus jagung), soppeng serta bulukumba. Dan inti kegiatannya adalah pembelian gabah oleh Bulog langsung dari petani.

Turut mendampingi Mentan, Dirjen ketahanan pangan, Tim dari Suad Brigjen TNI A Akib, Bupati Pangkep H Syamsuddin A. Hamid, Danrem 142/Tatag Kolonel Inf Syafruddin, Dandim jajaran Korem 142/Tatag, para kepala SKPD pangkep.

“Ketahanan pangan akan berpengaruh pada kekuatan ketahanan Negara, dan di harapkan pangkep akan mencapai target penyerapan ke bulog sebanyak 60.000 ton. Apabila tercapai akan dapat bantuan benih sebanyak 10.000 hektar. Bulog beli gabah dari petani dalam rangka mendekatkan pemerintah dengan petani,” tegas Mentan.

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan 55 unit traktor tangan, pupuk dan benih. Dan direncanakan ada penambahan bantuan peralatan lainnya seperti combine Harvester dan penggilingan padi.


Tag
div>