SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Danrem 142 Tatag Dijadwalkan Hadiri Peresmian Kodam XIV/Hasanuddin di Makassar

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 11 April 2017 16:12
Danrem 142 Tatag Dijadwalkan Hadiri Peresmian Kodam XIV/Hasanuddin di Makassar

Mayor Inf Haryo Mustoko, Kapenrem 142 Tatag

MAMUJU, RAKYATSULSEL.COM- Komandan Korem 142 Taro Ada taro gau’ (Tatag), Kolonel Inf. Taufiq Shobri beserta Dandim jajaran Korem 142/Tatag bakal hadiri peresmian Kodam XIV Hasanuddin di lapangan Karebosi, Kota Makassar, Rabu, (12/4) besok.

Prosesi acara peresmian yang akan digelar di Lapangan Karebosi dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dan dihadiri para petinggi TNI AD ini juga akan dihadiri para Gubernur, Kepala daerah wilayah Kodam XIV, Kepala SKPD, BUMN, Swasta, Tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Kapenrem 142 Tatag, Mayor Inf Haryo Mustoko menguraikan, jika nama Kodam XIV Hasanuddin bukanlah nama baru, tapi nama lama pada awal mula Kodam XIV Hasanuddin yang dibentuk pada 20 Juni 1950 dengan teritorium VII yang dibentuk dan berkedudukan di Kota Makassar.

“Pada saat itu, Panglima Letkol Ahmad Yunud Mokoginta, intruksi diteritorium tertuang dalam surat penetapan KSAD Nomor : 83/KSAD/pnt/1950 bawahi wilayah Indonesia Timur, Sulawesi dan Maluku,” urai Haryo.

Menurutnya, surat keputusan Menteri Pertahanan RI No. MP/A/77/57, tanggal 27 April 1957 dan surat keputusan Menteri Pertahanan RI no. MP/A/465/57, tanggal 26 Mei 1957 dalam rangka reorganisasi AD dilakukan likuidasi terhadap TT-VII dan KODPSST sebagai kelanjutan dibentuk empat komando daerah militer di wilayah Indonesia Timur, salah satunya Komando Daerah Militer Sulawesi Selatan dan Tenggara (KDMSST) berkedudukan di Makassar yang kemudian disebut Kodam XIV/Hasanuddin.

Lanjutnya, reorganisasi di jajaran TNI termasuk di lingkungan TNI AD dilakukan pada pertengahan dasa warsa. Proses penyempurnaan yang menuju modernisasi AD secara efisien bertujuan memantapkan kekuatan TNI AD yang efektif dan efisien mengembang tugas Pokok TNI AD.

“Bertitik tolak dari pandangan ini, KSAD jenderal Rudini pada 12 Februari 1985 mengeluarkan surat keputusan no. Skep/ 131/11/1985 tentang likuidasi Kodam XIII/Merdeoa dan Kodam XIV/Hasanuddin menjadi Kodam VII/Wirabuana,” terangnya. (sps/luki)


Tag
div>