SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Danrem dan Forkopimda Sulbar Takbiran di Anjungan Manakara

Reporter:

Editor:

Niar

Minggu , 25 Juni 2017 16:44
Danrem dan Forkopimda Sulbar Takbiran di Anjungan Manakara

int

MAMUJU, RAKYATSULSEL.COM – Takbiran di kumandangkan pada malam hari untuk menyambut datangnya idul fitri dan idul adha. Takbiran biasanya dilaksanakan pawai di jalan, Kadang membawa obor dan bedug sambil mengumandangkan kalimat takbir mulai dari anak anak sampai orang dewasa.

Dan tradisi ini di wariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya secara turun temurun kebiasaan yang di wariskan mencangkup berbagai nilai budaya yang meliput adat istiadat, sistem kemasyarakatan, sistem pengetahuan dan kesenian dan nilai budaya yang menjadi pedoman bertingkah laku bagi warga masyarakat.

Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Taufiq Shobri berkesempatan menghadiri takbir keliling dan pawai kendaraan hias dalam rangka menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1438 H yang dipusatkan di anjungan Manakarra. Mamuju.

Kegiatan yang di hadiri oleh Gubernur Sulbar Drs. H. Andi Ali Baal Masdar, M.Si., Kapolda Sulbar Brigjen. Pol.Nandang bersama unsur Forkopimda lainnya menambah semaraknya dan kemeriahkan takbir keliling dalam rangka menyambut idul Fitri 1438 H ini.

Dalam sambutanya, Gubernur Sulbar berpesan kepada seluruh peserta Takbiran malam itu agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama pawai keliling berlangsung. “Mari kita melantunkan Takbir, Tahlil dan Tahmid kita dengan senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban selama pawai ini berlangsung serta mengajak kepada masyarakat agar mampu menangkap pesan yang ada pada Takbiran tersebut.

“Tidak sekedar dilafadzkan begitu saja, namun lebih kepada proses untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, mudah-mudahan Takbiran kali ini tidak hanya dimaknai begitu saja. Saya berharap agar apa yang kita laksanakan pada malam hari ini senantiasa diikuti oleh gerak tubuh kita untuk terus melaksanakan perintaNya dan menjauhi apa yang telah menjadi larangnNya “ Jelas Gubernur.

Seluruh masyarakat kota mamuju tumpah ruah, mengikuti kegiatan takbir keliling ini, di antaranya dari utusan remaja masjid dengan mengikuti kendaraan hias dengan berbagai bentuk sambil melantunkan Takbir, Tahlil dan Tahmid lewat pengeras suara.


Tag
  • Penrem 142
  •  
    div>