RABU , 21 NOVEMBER 2018

Dapat Remisi Kemerdekaan, Dua Pelaku Narkoba Bebas

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 17 Agustus 2017 14:24
Dapat Remisi Kemerdekaan, Dua Pelaku Narkoba Bebas

Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe menyerahkan remisi kepada Napi di Lapas Kelas II Parepare, Kamis, (17/8)

PAREPARE, RAKSUL.COM- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Parepare memberikan remisi bebas kepada 9 orang narapidana (napi), dua di antaranya merupakan pelaku narkoba.

Sembilan Napi yang mendapat remisi bebas tersebut, masing-masing Nurdin, Mursamin, Yunus, Sudirman, Muh Imran, Ronaldo, Sabri, Erwin, dan Ahmad David.

Selain sembilan orang napi yang dibebaskan tersebut, Lapas Kelas II Parepare juga memberikan remisi berupa pengurangan masa tahanan kepada 191 napi, masing-masing 104 orang yang mendapat remisi umum, 66 orang pelaku narkoba, dan 21 orang berdasarkan PP 99, berupa pengurangan masa tahanan 1 hingga 6 bulan. Remisi tersebut diberikan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

“Kasus narkoba atau apapun sepanjang napi tersebut berkelakuan baik, dan memenuhi syarat administrasi, maka berhak mendapat remisi, termasuk bebas,” ujar Mursyahid, Kasubsi Registrasi Lapas Kelas II Parepare.

Diuraikannya, sebagai syarat bagi napi yang diberikan remisi, yaitu bagi napi yang mendapatkan masa tahanan di bawah lima tahun, terlebih dulu harus menjalani masa pidana selama enam bulan, sementara napi yang mendapatkan masa tahanan di atas lima tahun, maka berdasarkan PP 99, napi tersebut harus menjalani1/3 dari masa pidana yang dijalani. 

“Napi yang dibebaskan ini juga harus bersedia bekerjasama dengan penegak hukum untuk membongkar sindikat atau para pelaku-pelaku lain,” terang Mursyahid.


div>