KAMIS , 19 JULI 2018

Darmawan Tours Menjadikan Umrah Bukan Sekadar Bisnis, Tapi Lebih Bermakna

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 06 Februari 2016 11:06
Darmawan Tours Menjadikan Umrah Bukan Sekadar Bisnis, Tapi Lebih Bermakna

int

Wajo – Peminat umrah memang tak pernah sepi dan menciptakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi travel haji dan umrah. Namun jangan sampai urusan bisnis melupakan makna dari kegiatan ibadah tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur PT.Darmawan Tours dan Travel H.Murdaya. Menurutnya, penyedia travel ibadah haji dan umrah bisa membuat sesuatu yang lebih bermanfaat dan berbeda. Misalnya dengan menyiapkan dan memberikan training bagi para calon jemaah sebelum, saat dan sesudah mereka berangkat ke Tanah Suci.

“Kalau umrah dan haji itu ke depannya pasti akan makin besar. Tapi kalau hanya mikirin bisnis ya itu tadi, makin besar terus punya potensi bisnis, that’s it.  Kalau sekadar itu semua orang juga bisa kerjakan. Kita berpikirnya harus ada yang berbeda mulai dari sekarang, sebelum umrah membuat sesuatu yang lebih bermakna, substansinya dipikirkan dengan baik,” kata H.Murdaya.

Lebih lanjut H.Murdaya menjelaskan jika usaha travel dan tour haji dan umrah sebenarnya  tidak asing lagi bagi dirinya, Dosen dari salah satu perguruan tinggi swasta di kabupaten Wajo tersebut jauh hari sebelumnya, sudah dikenal masyarakat Wajo sebagai pembimbing jemaah haji reguler.

Usahanya itu berawal dari kesukaan membantu keluarga yang akan berangkat haji melalui haji reguler, H.Murdaya kemudian membentuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Darmawan pada tahun 2000.

“Awal saya membuat bimbingan haji  untuk membantu keluarga yang akan berangkat haji, karena pemahaman orang tentang haji masih kurang jadi kita bentuk kelompok bimbingan untuk membantu mereka,”terang H Murdaya.

Dengan menjalankan manajemen organisasi yang baik para jamaahpun bisa merasakan kepuasan  terhadap pelayanan yang diberikan selama menjalankan ibadah. Apalagi, ditambah dengan tenaga pembimbing yang  profesional dibidangnya. KBIH Darmawan kian mendapat kepercayaan masyarakat luas sebagai salah satu KBIH dan pelaksana Haji  terbaik di bumi lamddukkelleng.

[NEXT-RASUL]

Beberapa tahun berjalan dan animo masyarakat beribadah ke tanah suci semakin tinggi tak hanya dengan tujuan berhaji tapi juga melaksanakan ibadah umrah.

Mengintip peluang pasar yang menjanjikan itu, maka pada tahun 2010 untuk melancarkan usahanya dan lebih leluasa bekerja, owner swalayan Dewi Kartika ini akhirnya membuat perusahaan tour end travel sendiri, yakni PT Darmawan yang sudah berbadan hukum.

“Kami bisa bertahan dan bisa membangun perusahaan travel sendiri tidak lepas dari manajemen organisasi yang baik dengan prinsip 5 Pasti,”ungkapnya.

Lanjut H Murdaya, 5 pasti yang dimaksud yakni, Travelnya punya izin resmi dari pemerintah, punya program yang jelas dalam hari dan masa keberangkatan, memperjelas hotelnya, penerbangan (pesawat yang digunakan) dan terakhir memiliki visa.

“Jika 5 pasti ini sudah jelas maka jemaah tidak akan ragu dan akan merasa nyaman melaksanakan ibadah umrah dan haji.

Berbekal 5 pasti ini dan keberhasilan memberangkatkan ribuan jemaah akhirnya, pada tahun 2013 PT Dermawan Tour end Travel mendapat kepercayaan lebih dari pemerintah Indonesia dalam hal ini kementrian agama untuk menjadi pengelolah umrah yang resmi yang berhak mengelolah secara keseluruhan penyelenggaraan umroh.

Dan PT Dermawan tour and travel merupakan satu satunya perusahaan resmi di Wajo yang mendapat izin dari kemenag RI untuk melaksanakan penyelenggaraan umroh.

“Kami satu satunya perusahaan tour end travel  diwajo yang telah resmi memiliki izin PPIU, dalam hal ini seluruh penyelenggaraan umrah dan haji kita manej dan kelolah sendiri dan tidak bergantung dan bergandeng lagi dengan pihak penyelenggara lain,” jelasnya.

Dengan adanya izin resmi itu,  Darmawan tour end travel kini mulai mengembangkan sayap dengan membuka kantor cabang yakni di Makassar dan Sidrap.

“Kita sudah buka cabang, Sehingga yang kita layani bukan hanya masyarakat wajo saja tapi juga luar daerah,”pungkasnya.

[NEXT-RASUL]

Data Diri

Nama : Drs H Murdaya M si
Ttl       :Sengkang 7.1.1968
Alamat : jl.A Macca Amirullah

Pendidikan

  • SD (216) sengkang
  • SMP 1 Skg
  • SMA 1 SKG
  • S1: STIA PRIMA SKG
  • S2 : Pasca Sarjana STIA PRIMA SKG

Jabatan

  • Owner swalayan Dewi kartika dan toko Suriyati
  • Owner yayasan KBIH Dermawan (penyelenggara ibadah haji reguler)
  • Owner/direktur utama PT Dermawan Toir & Travel( penyelenggara umrah dan haji khusus)
  • Dosen diperguruan tinggi yayasan Puangrimaggalatung SKG

Organisasi

  • Ketua Pemuda Pancasila
  • Wakil Ketua KNPI
  • Anggota Asosiasi  KESTHURI Sul-sel

Tag
div>