KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Data Kemiskinan Pangkep Tidak Valid, Kadinsos Pangkep Bilang Begini

Reporter:

Atho

Editor:

asharabdullah

Rabu , 04 Juli 2018 14:55
Data Kemiskinan Pangkep Tidak Valid, Kadinsos Pangkep Bilang Begini

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pangkep, Najemiah. Foto: Atho/RakyatSulsel

PANGKEP, RAKYAT SULSEL – Terkait tidak validnya data kemiskinan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pangkep yang dilontarkan pemerhati kemiskinan beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pangkep, Najemiah angkat bicara.

Najemiah yang ditemui Rabu (4/7) mengatakan bahwa tudingan yang dialamatkan ke pihaknya tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurutnya, data yang selama ini masuk selalu melalui validasi, hanya saja pihaknya tetap mengacu pada sumber data utama dalam hal ini Basis Data Terpadu (BDT) yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Tiap tahun kita lakukan validasi bahkan tahun ini proses validasi sudah berjalan, hanya saja validasi itu tetap mengacu pada BDT terkini tahun 2015 milik BPS,” ungkapnya.

Najemiah menjelaskan, BDT yang ada saat ini merupakan acuan untuk dilakulan validasi ke masyarakat miskin agar sejumlah program sosial nantinya benar-benar tepat sasaran.

“Misal 2018 ini, ada program PKH kita langsung lakukan validasi, jadi angka dari BDT kita kerucutkan kembali melalui validasi, jadi apa yang ada di BDT hanya menjadi acuan, bukan hasil akhir,” tuturnya.

“Jadi jika dikatakan tidak valid, saya rasa itu keliru, dan untuk urusan data, kita tunggu pihak berwenang untuk menerbitkan, yakni.BPS”, tutup Najemiah.

BDT adalah database yang dapat digunakan untuk perencanaan program dan mengidentifikasi calon penerima bantuan sosial, baik rumah tangga, keluarga maupun individu berdasarkan pada kriteria-kriteria sosial-ekonomi yang ditetapkan oleh pelaksana Program.

Saat ini Basis Data Terpadu juga digunakan untuk Program Perlindungan Sosial yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Dan khusus di Kabupaten Pangkep, BDT yang diterbitkan 2015 lalu, jumlah keluarga miskin di Pangkep, sebanyak 45.695 Keluarga. (*)


div>