DB Apindo Mediasi Pengembangan Potensi Usaha Daerah

doelbeckz/rakyatsulsel RAPAT. Ketua Dewan Bisnis Apindo Sulsel Eko Budi Santoso (kiri) didampingi Sekretaris Apindo Sulsel Yusran IB Hernald memimpin rapat pengurus di Kantor Apindo Sulsel, Kamis (12/10).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Keberadaan Dewan Bisnis Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel akan memediasi anggota Apindo Kabupaten/Kota se-Sulsel dalam hal pengembangan potensi usaha di daerah.

Ketua Dewan Bisnis Apindo Sulsel, Eko Budi Santoso di sela-sela rapat pengurus di Kantor Apindo Sulsel, Kamis (12/10), menjelaskan, Dewan Bisnis (DB) Apindo adalah salah satu bagian dari Apindo Sulsel yang fokus sebagai wadah nyata dalam pemberadayaan pengusaha anggota Apindo di Sulsel.

“Salah satunya komoditi hasil pertanian, perkebunan, unggulan lainnya di Sulsel, yang akan dibukakan akses lebih luas oleh Apindo Sulsel, baik di tingkat regional maupun nasional. Bahkan, hingga ke internasional,” terangnya.

Eko yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan Dewan Pengurus Nasional (DPN) Apindo ini, mengatakan, Dewan Bisnis juga akan membantu untuk memberikan akses permodalan bagi pengusaha-pengusaha daerah yang mengalami kendala dalam pengembangan usaha.

“Dana bersumber internal (para pengusaha anggota Apindo Sulsel) dan eksternal dalam hal ini lembaga keuangan, utamanya perbankan” jelasnya.

“Disamping itu potensi usaha anggota Apindo Sulsel sendiri yang ingin kembangkan usahanya akan diberikan konsultasi pengembangan dalam hal masalah manajemen, pemasaran, permodalan, dan pengembangan usaha,” jelasnya.

Sementara, Ketua Harian Dewan Bisnis Apindo Sulsel Andi Darwis, mengatakan, pihaknya juga membuat website sebagai sarana promosi usaha-usaha yang ada di bawah naungan Apindo, sehingga masyarakat luas dan pengusaha akan melihat potensi usaha yang dikembangkan anggota Apindo.

“Ini sebagai wadah promosi, sehingga investor atau pihak luar dapat melihat potensi usaha yang dimiliki anggota Apindo Sulsel yang pada akhirnya nantinya dapat bermitra dan bekerja sama dalam pengembangan usaha tersebut,” ujarnya.

“Tidak menutup kemungkinan pengusaha di luar Apindo bisa bergabung atau bermitra dengan Dewan Bisnis Apindo dalam hal investasi,” tambahnya.

Adapun, Sekretaris Apindo Sulsel, Yusran IB Hernald, mengatakan, guna memaksimalkan kerja Dewan Bisnis Apindo Sulsel ini, maka pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada seluruh Dewan Pengurus Kabupaten/Kota (DPK) Apindo se-Sulsel.

“Dalam waktu dekat ini kita akan sosialisasi keberadaan Dewan Bisnis Apindo Sulsel kepada seluruh DPK Apindo se-Sulsel. Apalagi, teman-teman DPK akan jadi pelaksana di lapangan,” ungkapnya.

“Kita akan menyurat ke DPK. Sebagai langkah memberdayakan usaha di daerah. DPK nantinya kita harapkan menyampaikan potensi daerah yang dimiliki. Termasuk akan diminta buat proposal mengenai potensi usaha di masing-masing daerah,” tambahnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here